October 8, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Miliki Kandungan Terlarang, Hong Kong Melarang Warga Konsumsi Obat Pelangsing Merk Ini

1 min read
Foto Hong Kong Department of Health (DH)

Foto Hong Kong Department of Health (DH)

HONG KONG – Sebuah obat pelangsing yang telah banyak beredar di Hong Kong dinyatakan memiliki kandungan bahan berbahaya dan otoritas Hong Kong menghimbau warga untuk tidak membelinya. Obat pelangsing tersebut bermerk Million Burning.

Dalam keterangan persnya kemarin (25/02/2022), sumber dari Departemen Kesehatan Hong Kong menyatakan, berdasarkan uji labolatorium yang dilakukan, obat pelangsing merk tersebut mengandung  sibutramine dan sampel produk lainnya mengandung furosemid. Kedua bahan tersebut adalah zat berbahaya sebagaimana diatur dalam  Bagian 1 di bawah Ordonansi Farmasi dan Racun (Bab. 138) (Ordonansi).

Sibutramine pernah digunakan sebagai penekan nafsu makan. Sejak November 2010, produk yang mengandung sibutramine telah dilarang di Hong Kong karena meningkatkan risiko kardiovaskular. Frusemide adalah diuretik yang digunakan dalam pengobatan tekanan darah tinggi, gagal jantung dan edema. Efek samping yang umum termasuk merasa haus, pusing, sakit kepala dan detak jantung yang cepat atau tidak teratur. []

Advertisement
Advertisement