November 28, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Ilmiah, Disamping Bisa Meredakan Sakit Kepala, Ini Manfaat Lain dari Masturbasi

2 min read
Prime Banner

ApakabarOnline.com – Masturbasi adalah salah satu cara mencapai orgasme tanpa melakukan hubungan seksual. Banyak orang yang melakukannya saat sedang berjauhan dari pasangan.

Masturbasi atau onani kerap diklaim baik untuk kesehatan karena bisa meredakan stres.

Masturbasi memang menjadi salah satu cara aman dan alami untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Namun manfaat masturbasi kerap dilebih-lebihkan, misal tak memiliki efek samping.

 

  1. Masturbasi tetap punya efek samping meski risikonya kecil.

Secara medis, onani bukanlah perilaku yang tidak normal. Masturbasi baru dianggap berbahaya jika sudah mengganggu hubungan seksual dengan pasangan, atau menimbulkan kecenderungan ingin melakukannya di tempat-tempat umum.

Secara medis, onani atau masturbasi dapat melepaskan berbagai hormon baik, yang memberikan Anda sensasi menyenangkan, serta mengendalikan stres.

Tak perlu malu, masturbasi yang dilakukan dengan wajar, memiliki beberapa manfaat. Berikut adalah manfaat onani selengkapnya.

 

  1. Menyenangkan dan dapat menurunkan level stres

Stres yang tidak dapat Kamu kendalikan, memiliki dampak yang buruk untuk kesehatan. Misalnya, stres dapat menaikkan tekanan darah, meningkatkan kadar gula dalam darah, bahkan membuat kulit Kamu semakin cepat tua.

Masturbasi memiliki manfaat untuk meredakan stres. Selain itu, manfaat onani juga meningkatkan kepercayaan diri, membantu Kamu untuk rileks, serta meningkatkan suasana hati.

 

  1. Tidur nyenyak

Kalau kamu punya masalah tidur, bisa mencoba cara ini. Menurut Murray, sebagian orang mengaku mengalami peningkatan kesehatan emosional dan psikologis setelah masturbasi.

 

  1. Meningkatkan produksi berbagai hormon baik

Salah satu manfaat onani adalah meningkatkan produki hormon baik. Saat dan sesudah onani, ada beberapa hormon baik yang dilepaskan oleh tubuh.

Hormon tersebut yakni oksitosin, dopamin, endorfin, dan prolaktin, yang berkaitan dengan perasaan positif, rasa senang, rileks, dan manfaat baik lainnya.

 

  1. Meredakan sakit kepala

Jika memiliki sakit kepala, orgasme bisa menjadi salah satu solusi meredakan. Meskipun tidak benar-benar menyembuhkan keseluruhan, orgasme dapat mengurangi efek sakit kepala.

Disfungsi ereksi atau ketidakmampuan pria untuk mencapai ereksi saat berhubungan intim tidak disebabkan oleh seringnya masturbasi.

Namun, terlalu sering masturbasi memang bisa menyebabkan seseorang menjadi lebih terbiasa dan mungkin lebih menyukai cara ini untuk mencapai orgasme, ketimbang dengan pasangan.

Hal inilah yang berisiko membuat kehidupan seksual dengan pasangan menjadi terganggu. []

Sumber Pikiran Rakyat

Advertisement