October 24, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Indahnya Hormat Menghormati yang Diajarkan Surat Al-Kafirun

2 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

ApakabarOnline.com – Surat al-Kafirun ini dalam al-Qur’an menempati urutan surat yang ke 109, surat ini masuk dalam kategori surat Makkiyah, yaitu surat yang diturunkan di kota Makkah. Surat al-Kafirun ini diturunkan setelah surat al-Ma’un dan sebelum surat al-Fiil, dan terdiri dari enam ayat. Diberi nama surat al-Kafirun, karena diambil dari salah satu kata yang terdapat dalam ayat pertamanya.

Surat al-Kafirun ini juga menerangkan kepada kita semua tentang hilangnya harapan orang-orang kafir Quraisy Makkah, dimana pada waktu itu umat Islam tidak mau mengikuti atau mengganti iman dan kepercayaan yang telah mereka anut, dengan ajaran kaum kafir Quraisy Makkah.

Nabi Muhammad saw. memegang teguh prinsip dalam agama Islam. Beliau tidak mau mengikuti ajakan ibadah kaum kafir Quraisy, karena aturan serta tatacara dalam beribadah antar agama yang berbeda tidak diperbolehkan untuk dicampur aduk atau ditukar dengan seenaknya sendiri.

 

Pesan Moral dalam QS. al-Kafirun

Dalam QS. al-Kafirun yang telah diuraikan di atas, tentu jika kita mau mencermati bersama-sama dengan lebih teliti, pasti ada beberapa pesan yang sangat berguna bagi kita semua umat Islam. Lalu, apa saja pesan-pesan penting tersebut?.

Berikut pesan-pesan penting yang terdapat dalam QS. al-Kafirun:

  1. Keyakinan dan kepercayaan yang dianut oleh agama Islam sudah tentu berbeda dengan agama yang lainnya.
  2. Meski berbeda keyakinan atau kepercayaan, kita sebagai umat manusia, tetap harus menjaga kerukunan, persaudaraan dan saling menghormati keyakinan orang lain yang berbeda, dan tidak boleh melecehkan satu sama lain.
  3. Perintah untuk memegang teguh agama yang sudah diyakininya, tanpa ber-gonta-ganti dengan agama yang lain
  4. Ajakan untuk selalu menjaga toleransi antar umat beragama yang berbeda keyakinan
  5. Agama Islam mengakui adanya suatu kepercayaan atau agama lain yang berbeda, tetapi tidak dengan kebenarannya

Semoga dengan pembahasan mengenai bacaan, penjelasan kosakata, uraian singkat, serta pesan moral yang terkandung di dalam QS. al-Kafirun di atas, bisa memberikan motivasi dan semangat bagi kita semua untuk senantiasa menjaga toleransi, saling menghormati, bersatu padu dalam menjaga kerukunan beragama, berbangsa dan bernegara di negeri kita tercinta, Indonesia. []

Advertisement
Advertisement