May 9, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Jabar Diingatkan Akan Lonjakan PMI yang Pulang

1 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

JAKARTA – Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengingatkan pemerintah provinsi Jawa Barat untuk mengantisipasi peningkatan jumlah kedatangan pekerja migran Indonesia (PMI) dari luar negeri pada Mei mendatang.

Satgas menilai hal ini jadi perhatian lantaran berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jabar merupakan provinsi terbesar kedua dalam peningkatan warga yang berasal dari PMI.

“Angka kenaikan ini diperkirakan terjadi pada bulai Mei mendatang, hal ini disebabkan mulai dari habis kontrak hingga pemutus hubungan kerja,” kata Doni dalam keterangan tertulis, Kamis (29/04/2021).

Atas dasar itu, Kepala BNPB mengingatkan kepada jajaran pemerintahan Jabar agar tidak lengah menghadapi pandemi Covid-19. Doni juga mengimbau melakukan pengetatan penjagaan dan screening dilakukan di bandara, pelabuhan, dan perbatasan.

“Harus dikarantina terlebih dahulu, karena dampaknya bisa berbahaya karena keluarganya bisa menjadi korban,” ucap Doni.

Lebih lanjut Doni menuturkan saat ini juga telah dibentuk Satgas Penerimaan dan Pemulangan Imigran. Hal ini merespon perkembangan lonjakan kasus di dunia dan India.

“Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19 dari repatriasi Warga Negara Indonesia (WNI) ataupun Pekerja Migran Indonesia (PMI),” tutur Doni. []

Advertisement
Advertisement

Leave a Reply