April 22, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Jangan Ketinggalan, Tiga Hal Penting yang Dimunajatkan Saat Sujud

2 min read

JAKARTA – Doa merupakan salah satu cara umat Islam berkomunikasi dengan Allah SWT. Banyak manfaat yang akan dirasakan saat berdoa. Berdoa juga baiknya dilakukan saat waktu-waktu mustajab.

Rasulullah SAW bersabda:

“Tiada sesuatu yang paling mulia dalam pandangan Allah, selain dari berdoa kepada-Nya, ketika kita dalam keadaan lapang.” (HR Al-Hakim).

Berdoa saat sujud (umumnya dilakukan saat sujud terakhir) dalam salat, sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW,  karena saat sujud seorang hamba menjadi sangat dekat dengan Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda, “Adapun (di waktu) sujud maka bersungguh-sungguhlah untuk berdoa pada-Nya, karena pantas untuk dikabulkan doamu,” (HR. Muslim No. 479).

Anjuran berdoa di saat sujud, tercatat dalam hadis HR Muslim, Abu Dawud, An-Nasa’i.

“Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, momentum terdekat seorang hamba dan Tuhannya adalah ketika sujud. Oleh karena itu, perbanyaklah doa saat itu,’” (HR Muslim, Abu Dawud, An-Nasa’i).

Doa saat sujud dibaca setelah selesai membaca doa sujud Subhaana robbiyal a’laa (dibaca 3 kali) Artinya: Maha Suci Rabb-ku yang Maha Tinggi (HR. Muslim dan Abu Daud).

Dikutip dari Muslimterkini.com, berikut ini 3 doa saat sujud yang dapat Anda baca dan amalkan setiap salat.

 

 

  1. Doa husnul khatimah

Allahumma inni as’aluka husnal khotimah

Artinya : “Ya Allah aku meminta kepada-Mu husnul khatimah.”

 

 

  1. Doa taubat

Allahummarzuqni taubatan nasuha qoblal maut

Artinya: “Ya Allah berilah aku rezeki taubat nasuha (sebenar-benarnya taubat) sebelum wafat.”

 

 

  1. Doa ditetapkan hati dalam islam

Allahumma yaa muqollibal quluub tsabbit qolbi ‘ala diinika

Artinya: “Ya Allah wahai sang pembolak balik hati, tetapkanlah hatiku pada agama-Mu.”

Dilansir dari Dream.co.id, doa saat sujud insyaAllah dikabulkan Allah SWT. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas ras berikut:

“Adapun ketika rukuk, maka agungkanlah Allah. Sedangkan ketika sujud, maka bersungguh-sungguhlah dalam berdoa, maka doa tersebut pasti dikabulkan untuk kalian.” (HR. Muslim) [HR. Muslim, no. 479].

Melalui hadis di atas menjelaskan bahwa umat Islam haruslah bersungguh-sungguh ketika menjalankan setiap gerakan salat. Tak terkecuali saat sedang sujud haruslah bersungguh-sungguh. Karena di waktu itulah, manusia berada paling dekat dengan Allah SWT. Jadi, jika bersungguh-sungguh dalam berdoa, insya Allah akan dikabulkan Allah SWT.

Advertisement
Advertisement