July 20, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Jarang Disadari, Begini Ciri-Ciri Jantung Tidak Sehat

3 min read

JAKARTA – Jantung merupakan salah satu organ vital manusia yang berperan penting dalam menjaga kelangsungan hidup manusia. Terdapat beberapa ciri khusus dari jantung yang tidak sehat, patut diwaspadai agar tak menjadi penyakit serius.

Jantung yang tidak sehat dapat dilihat dari berbagai gejala yang seringkali diabaikan oleh banyak orang. Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, Dr. dr. Basuni Radi, menjelaskan bahwa salah satu tanda jantung tidak sehat yang paling umum adalah nyeri dada hingga jantung berdebar lebih cepat.

“Umumnya penyakit jantung memiliki berbagai macam gejala, tetapi yang sering dirasakan adalah nyeri dada yang tidak biasa serta sesak napas dengan penyebab tidak jelas,” kata Basuni Radi saat ditemui di kawasan Jakarta Barat pada Selasa (25/6/2024), dikutip dari CNBC Indonesia.

Selain nyeri dada, dada yang berdebar juga menjadi tanda bahwa jantung mengalami masalah. Perlu diketahui, jantung tidak pernah berhenti bekerja, bahkan saat kita tidur. Fungsi ini dijalankan oleh aliran listrik yang terdapat pada jantung. Sayangnya, jika terdapat masalah pada aliran listrik tersebut, maka akan menyebabkan gangguan ritme jantung yang dikenal sebagai aritmia.

Aritmia inilah yang akan menyebabkan dada terasa berdebar tiba-tiba tanpa penyebab pasti. Tanda lain dari jantung yang tidak sehat adalah nyeri perut, kaki bengkak, keringat berlebih, dan pusing.

Kendati gejala pusing terbilang umum, hal ini bisa menjadi ciri jantung bermasalah. Kurangnya asupan darah dan oksigen ke otak akibat masalah jantung akan menyebabkan pusing. Selain pusing, gejala seperti mudah mengantuk dan pingsan juga bisa menjadi ciri-ciri jantung tidak sehat.

“Cepat merasa lelah, berdebar-debar terus menerus, serta mudah pingsan, bisa menjadi tanda jantung tidak sehat. Jika mengalami hal tersebut, sebaiknya lakukan skrining atau deteksi dini sebelum terlambat,” ujar Basuni Radi.

Sementara mengutip klikdokter.com, beberapa ciri-ciri jantung bermasalah yang perlu diketahui:

 

  1. Nyeri Dada yang Menjalar

Nyeri dada yang menjalar merupakan tanda jantung bermasalah yang sering terjadi. Nyeri ini biasanya bersifat tumpul, seperti ada benda berat yang menekan di dada, khususnya sebelah kiri. Nyeri dapat menjalar ke lengan kiri, leher, rahang, hingga punggung. Kondisi ini dapat disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah jantung atau serangan jantung.

 

  1. Sesak Napas

Sesak napas bisa menjadi gejala jantung bermasalah. Jika fungsi jantung sebagai pompa darah terganggu, darah akan terakumulasi di berbagai organ tubuh, termasuk paru-paru, menyebabkan sesak saat bernapas. Gagal jantung biasanya menjadi masalah jantung yang menyebabkan keluhan ini.

 

  1. Dada Berdebar

Jantung memompa darah dengan ritme yang konstan dan otomatis, meski saat tidur. Jika ada masalah pada aliran listrik jantung, ritme ini bisa terganggu, menyebabkan aritmia. Aritmia menyebabkan dada terasa berdebar tiba-tiba tanpa penyebab pasti.

 

  1. Batuk

Batuk yang tidak kunjung berhenti tanpa disertai produksi lendir mungkin menandakan adanya masalah jantung akibat penumpukan cairan pada paru-paru.

 

  1. Cepat Lelah

Rasa lelah terus-menerus dapat menandakan gangguan pada jantung. Jantung yang tidak memompa darah dengan baik akan mengurangi pasokan oksigen ke tubuh, menyebabkan mudah lelah.

 

  1. Pusing

Kurangnya asupan darah dan oksigen ke otak akibat masalah jantung akan menyebabkan pusing. Selain pusing, gejala seperti mudah mengantuk dan pingsan juga bisa menjadi ciri-ciri jantung tidak sehat. Umumnya, masalah jantung yang menyebabkan kondisi ini adalah aritmia.

 

  1. Keringat Berlebih

Banyak berkeringat saat beristirahat, cuaca tidak panas, atau tidak beraktivitas berat, bisa menjadi tanda gangguan jantung. Kondisi ini seringkali merupakan gejala awal jantung bermasalah atau tanda awal serangan jantung.

 

  1. Kaki Bengkak

Kaki bengkak terjadi akibat penumpukan cairan (edema). Gagal jantung dapat menyebabkan penumpukan cairan pada berbagai bagian tubuh, salah satunya kaki.

 

  1. Disfungsi Ereksi

Gangguan fungsi seksual pada pria, seperti disfungsi ereksi, bisa menjadi ciri jantung bermasalah. Masalah jantung dapat menyebabkan aliran darah ke penis berkurang, sehingga menyebabkan impotensi.

 

  1. Nyeri Perut dan Mual

Jantung yang tidak sehat dapat menyebabkan pembengkakan akibat penumpukan cairan pada daerah perut, yang menyebabkan rasa penuh, kembung, mual, dan muntah. Meski gejala ini sering dikaitkan dengan masalah saluran pencernaan, bisa juga menjadi tanda jantung bermasalah.

 

  1. Rasa Tidak Nyaman di Dada

Terkadang gangguan pada jantung tidak dimulai dengan rasa nyeri, tetapi hanya rasa tidak nyaman di dada. Perasaan ini bisa seperti ada yang menekan dada atau terbakar.

 

  1. Nyeri pada Tenggorokan dan Rahang

Jika nyeri tenggorokan dan rahang disertai dengan nyeri dada atau rasa tidak nyaman di dada, bisa menjadi gejala jantung bermasalah. Segera konsultasikan ke dokter jika mengalami kondisi ini.

 

  1. Mendengkur Keras

Mendengkur dengan keras bisa menjadi ciri jantung tidak sehat. Kondisi ini mungkin merupakan gejala sleep apnea, yang memberikan tekanan lebih pada jantung.

Penting bagi siapa saja yang memiliki faktor risiko penyakit jantung untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gejala-gejala tersebut. Deteksi dini dan penanganan yang tepat dapat mencegah komplikasi serius akibat penyakit jantung. []

Advertisement
Advertisement