August 20, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Jatim Kembali Sabet Penghargaan Sebagai Provinsi Terbaik Melayani PMI

2 min read

SURABAYA – Pada gelaran International Migrants Day tahun 2021, Provinsi Jawa Timur berhasil meraih penghargaan sebagai Dinas Provinsi Terbaik dalam Memberikan Pelayanan Penempatan dan Pelindungan PMI. Penghargaan ini diterima oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur, Sabtu (18/12/2021) malam.

“Kami (Provinsi Jatim, red) bersyukur menjadi yang terbaik peringatan Hari Migran Internasional atau International Migrants Day tahun 2021, dari 12 kategori yang di anugerahkan,” ujar kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jatim Dr Himawan Estu Bagijo.

Dia juga menyampaikan selamat memperingati “Migrant day tahun 2021” untuk para pekerja migran baik yang sudah bekerja di luar negeri maupun yang masih di dalam negeri. Semoga tetap mentaati protokol kesehatan, kerja produktif dan taati aturan di negara tujuan.

Sementara itu Kepala UPT Pelayanan dan Perlindungan Tenaga Kerja, Budi Raharjo yang mewakili Jatim dalam penerimaan anugerah Migrant Worker Awards 2021, menyampaikan kutipan sambutan Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, kepada sejumlah stakeholders yang terlibat dalam pembangunan tata laksana penempatan dan pelindungan PMI, maupun pemberdayaan Pekerja Migran Indonesia (PMI) purna.

Ida Fauziyah mengatakan, Anugerah Indonesian Migrant Worker Awards diberikan kepada stakeholder dan perseorangan sebagai apresiasi atas peran serta yang aktif dan komitmen yang tinggi dalam pelayanan penempatan dan pelindungan PMI, proses perbaikan tata kelola, tata penempatan, dan pelindungan PMI tidak dapat dilakukan hanya oleh Pemerintah Pusat semata, namun membutuhkan dukungan dari berbagai unsur masyarakat.

Anugerah Indonesian Migrant Worker Awards diberikan kepada 15 (lima belas) penerima dengan 12 (dua belas) kategori :

  1. Dinas Provinsi Terbaik dalam Memberikan Pelayanan Penempatan dan Pelindungan PMI diterima oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur.
  2. Dinas Kabupaten/Kota Terbaik dalam Memberikan Pelayanan Penempatan dan Pelindungan PMI diterima oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kendal.
  3. Kabupaten/Kota Peduli PMI diterima oleh Kabupaten Cirebon.
  4. Satuan Tugas Pelindungan Pekerja Migran Indonesia Daerah Asal PMI Terbaik dalam Layanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia diterima oleh Satuan Tugas Pelindungan Pekerja Migran Indonesia Kota Pare-Pare.
  5. Satuan Tugas Pelindungan Pekerja Migran Indonesia Daerah Embarkasi/Debarkasi Pekerja Migran Indonesia Terbaik dalam Layanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia diterima oleh Satuan Tugas Pelindungan Pekerja Migran Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Barat.
  6. Desa Peduli Pekerja Migran Indonesia diterima oleh Desa Betak Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung.
  7. Layanan Terpadu Satu Atap Penempatan dan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia Terbaik diterima oleh Layanan Terpadu Satu Atap Penempatan dan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia Kabupaten Cirebon.
  8. Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia Berkinerja Baik I diterima oleh PT Parco Laut.
  9. Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia Berkinerja Baik II diterima oleh PT Bali Paradise Citra Dewata.
  10. Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia Berkinerja Baik III diterima oleh PT Mitra Sarana Internasional.
  11. Media Elektronik yang Mendukung Program Pelindungan Pekerja Migran Indonesia diterima oleh Metro TV.
  12. Media Online yang Mendukung Program Pelindungan Pekerja Migran Indonesia diterima oleh rri.co.id.
  13. Atase Ketenagakerjaan yang Inovatif dalam Memberikan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia diterima oleh Purwanti Utha Djara (Kepala Bidang Ketenagakerjaan KDEI, Taiwan).
  14. Pekerja Migran Indonesia Purna Penempatan Berprestasi I diterima oleh Sutriyana (Kulon Progo).
  15. Pekerja Migran Indonesia Purna Penempatan Berprestasi II diterima oleh Darwinah (Indramayu). []
Advertisement
Advertisement