July 2, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Belum Genap Sebulan, Varian Omicron Dengan Cepat Menyebar ke 89 Negara

1 min read

JAKARTA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa varian Omicron telah terdeteksi di 89 negara hingga tanggal 16 Desember dan jumlah kasus dari varian Omicron naik dua kali lipat.

Dalam pembaruan yang dikeluarkan WHO pada hari Jum’at (17/12/2021), WHO menyebutkan bahwa varian Omicron menyebar dengan cepat bahkan di negara-negara dengan tingkat kekebalan yang tinggi.

Varian Omicron yang memiliki banyak mutasi, pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan pada 24 November. Dua hari setelah itu, WHO menyatakan varian tersebut menjadi perhatian.

Pada hari Jumat, badan kesehatan global mengatakan bahwa data yang tersedia saat ini menunjukkan bahwa Omicron menggantikan varian Delta, sebagai varian yang paling menular.

Tapi, WHO tetap mengatakan bahwa masih membutuhkan banyak data untuk memastikan tingkat keparahan dari penyebaran varian Omicron.

WHO juga mengatakan bahwa tes PCR dan tes antigen bekerja pada varian Omicron.

Indonesia pada hari Kamis (16/12/2021) telah melaporkan kasus pertama varian Omicron. Sampai saat ini total kasus varian Omicron di Indonesia ada tiga. Dua pasien baru tiba dari Amerika Serikat dan Inggris, sementara satu pasien merupakan petugas kebersihan di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet. []

Advertisement
Advertisement