May 29, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Jenis Olah Raga yang Bisa Mengatasi Sakit Kepala

2 min read

JAKARTA – Rasa nyeri pada kepala seringkali dialami seseorang. Untuk mengatasinya, dapat dilakukan salah satunya dengan olahraga tertentu.

Dikutip dari kemkes.co.id, sakit kepala merupakan rasa sakit atau nyeri di kepala yang bisa muncul secara bertahap atau mendadak.

Nyeri akibat sakit kepala dapat muncul di salah satu sisi kepala, terpusat di titik tertentu, atau menyebar hingga ke seluruh bagian kepala.

Untuk mengatasi rasa nyeri di kepala ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan melakukan olahraga.

Melansir yoursay.id, berikut beberapa olahraga yang familiar di kehidupan sehari-hari mampu menjadi obat alami dalam mengatasi rasa nyeri di kepala:

  1. Stretching Tubuh

Dilansir dari Halodoc, gerakan ini memang cukup sederhana, namun melakukan stretching tubuh mampu menjadikan otot di sekitar pundak, leher hingga kepala jauh lebih rileks. Gerakan stretching yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut:

Melemaskan seluruh tubuh dan mulai lakukan gerakan ringan dengan memutar pundak ke belakang dan depan. Lalu arahkan kepala untuk menoleh ke kiri dan tahan beberapa saat.

Kemudian, disusul dengan ke arah kanan. Posisikan pandangan mata ke bawah dan mulai memutar kepala searah jarum jam secara perlahan.

 

  1. Pilates dan Yoga

Bukan rahasia umum lagi, bila pilates dan yoga memberikan banyak manfaat bagi tubuh, terutama dalam menghilangkan rasa sakit kepala. Namun, apakah pilates dan yoga sama? Jawabannya adalah iya.

Satu hal yang membedakan adalah jika pilates bertujuan untuk kebugaran. Sementara itu, yoga bertujuan melenturkan gerakan tubuh.

 

  1. Resistance Training

Dilansir dari Alodokter, latihan kekuatan (resistance training) juga bisa meringankan rasa sakit di kepala. Meskipun gerakan ini menjadikan tubuh lebih kuat.

Hal ini karena mengangkat beban di kapasitas berat tertentu. Namun, justru olahraga yang satu ini menjadikan leher dan pundak menjadi lemas serta tidak tegang.

 

  1. Aerobik

Siapa yang tidak kenal dengan gerakan olahraga ini? Aerobik menjadi salah satu olahraga favorit banyak orang dan mungkin saja banyak yang tidak sadar kalau aktivitas ini membuat tubuh rileks dan mengobati rasa sakit kepala.

Apa saja gerakan aerobik yang bisa dicoba? Mulai dari bersepeda, berenang hingga jogging santai.

Olahraga aerobik secara langsung membuat seluruh anggota tubuh bergerak. Sehingga otot-otot yang tadinya lemas jauh rileks, terutama pada bagian leher dan kepala.

Nah, itulah beberapa olahraga yang familiar di kehidupan sehari-hari mampu menjadi obat alami dalam mengatasi rasa nyeri di kepala. Selamat mencoba. []

Advertisement
Advertisement