April 18, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Jenis Vitamin yang Dibutuhkan Orang yang Sedang Berpuasa

2 min read

JAKARTA – Memasuki bulan puasa, sebaiknya persiapkan asupan vitamin agar  tubuh tetap kuat dan sehat saat berpuasa seharian.

Puasa adalah saat kita menahan diri untuk tidak makan dan minum sebelum membatalkannya hingga tiba pada satu waktu yang telah ditentukan.

Di saat puasa tersebut, tubuh kita membutuhkan nutrisi yang cukup untuk menjalankan semua fungsi dan tugasnya dengan optimal.

Dilansir dari Bumame.com berikut adalah beberapa vitamin yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat puasa:

 

– Vitamin C

Vitamin C dapat membantu meningkatkan sel darah putih yang bertugas melawan virus dan bakteri. Maka dari itu, dengan mengonsumsi vitamin C, otomatis kamu bisa memiliki kekebalan tubuh yang lebih kuat.

Jika kamu mengonsumsi vitamin C saat puasa, imun lebih terjaga dan tidak mudah terserang penyakit seperti flu dan batuk.

 

– Vitamin A

Salah satu vitamin yang kamu butuhkan saat puasa adalah vitamin A. Menurut penelitian Journal of Clinical Medicine, vitamin A dapat membantu memperkuat lapisan lendir yang terdapat di permukaan tubuh. Lapisan tersebut yang kemudian akan melindungi kamu dari virus dan bakteri.

 

– Vitamin B

Vitamin B adalah jenis vitamin larut air yang juga penting untuk tubuh kamu saat puasa. Ada banyak jenis vitamin B, seperti B1, B2, B3, B5, B6, B7, asam folat, hingga vitamin B12.

Vitamin B menjalankan tugasnya dengan cara memecah zat gizi dari makanan-makanan yang kamu konsumsi dan mengubahnya dalam bentuk energi.

 

– Vitamin D

Mengapa vitamin D juga penting dikonsumsi saat puasa? Karena vitamin D mempunyai peran dalam membantu meningkatkan produksi protein dalam tubuh. Protein ini dapat menjadi sumber energi dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Di sisi lain, kekurangan protein dapat membuat tubuh kita rentan terkena penyakit dan infeksi.

 

– Vitamin E

Vitamin E berperan untuk menangkal radikal bebas yang menyebabkan sel-sel tubuh rusak. Tidak hanya menangkal radikal bebas, vitamin E juga bisa memperbaiki kualitas sel-sel dan mencegah tubuh dari serangan virus serta bakteri.

Vitamin E juga bisa membantu melebarkan pembuluh darah sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Selain itu, dikutip dari Halodoc.com, kita bisa mengonsumsi zinc atau seng merupakan nutrisi yang dapat membantu sistem imun melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

Asupan zat ini akan bekerja secara maksimal untuk menjaga tubuh tetap sehat meski tidak mendapat asupan makanan dan minuman dalam waktu yang cukup lama.

Kekurangan asupan zinc saat puasa dapat menyebabkan seseorang lebih mudah merasa lelah. Sebab zinc berpengaruh pada sistem motorik, kognitif, dan psikososial. Kurang asupan zinc dapat membuat banyak sel motorik yang terganggu dan berdampak pada rasa lelah yang mudah menyerang.

Makanan yang banyak mengandung mineral zinc adalah daging merah, makanan laut, kacang-kacangan, dan susu. []

Advertisement
Advertisement