May 31, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Jika Dilakukan dengan Benar, Rutin Minum Kopi Bisa Melarutkan Timbunan Lemak di Perut

2 min read

JAKARTA – Minum kopi mungkin menjadi salah satu cara yang lezat untuk memulai hari, sekaligus juga dapat membantu kita memulai tujuan untuk menghilangkan lemak perut.

Sebab, selama ini kafein telah dikenal dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi rasa lapar, yang keduanya berperan penting dalam mendukung manajemen berat badan.

Sementara kafein (bersama dengan diet sehat dan olahraga) dapat membantu kita mencapai tujuan kesehatan, kebiasaan minum kopi tertentu juga dapat memiliki efek sebaliknya pada tubuh.

Bahkan, jika kita mengalami kesulitan mencapai tujuan dan tidak tahu mengapa, kita mungkin perlu melihat kembali rutinitas minum kopi yang kita lakukan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai informasi tentang minum kopi yang sehat, para ahli membagikan beberapa kebiasaan minum kopi yang dapat membantu menghilangkan lemak perut yang dirangkum  dari berbagai sumber.

 

  1. Minum kopi hitam

Melansir Kompas.com, jika kita adalah seseorang yang suka menikmati kopi hitam, maka kita sangat beruntung.

Karena minum kopi tanpa tambahan krim, gula, atau susu adalah cara paling sehat untuk memperoleh manfaatnya.

“Kopi hitam bebas kalori dan penuh dengan antioksidan memiliki kafein yang dapat mendukung tujuan penurunan berat badan,” kata ahli diet terdaftar dan penulis, Lauren Manaker.

“Begitu kita mulai menambahkan banyak gula, krimer, dan bahan-bahan berkalori lain ke kopi, kita akan mendapatkan lebih banyak lemak perut. Jadi, tetaplah minum kopi hitam untuk mendukung tujuan penurunan lemak perut,” sambung dia.

 

  1. Tambahkan kayu manis pada kopi

Manaker mengungkapkan bahwa daripada bersandar pada krimer kopi yang dimaniskan dengan gula yang mungkin mengandung minyak terhidrogenasi, menambahkan rasa sendiri dengan menaburkan kayu manis di secangkir kopi pagi adalah pilihan lebih sehat.

“Kayu manis tidak menambahkan kalori apa pun ke dalam minuman kita dan dapat memberikan rasa manis, serta meningkatkan rasa pada minuman kita,” terangnya.

Selain itu, kayu manis tidak hanya memberikan rasa tanpa kalori atau tambahan gula, tetapi juga dilengkapi dengan antioksidan yang bertindak sebagai anti-inflamasi.

 

  1. Bikin kopi sendiri di rumah

Melansir Klikdokter, jika kita sering memesan kopi di kafe atau kedai kopi, kita mungkin tidak akan pernah mencapai tujuan penurunan berat badan.

Karena kopi yang dibeli di luar biasanya sarat dengan kalori. untuk itu sebaiknya minum kopi yang diseduh sendiri di rumah secara teratur.

Beberapa minuman kopi mewah favorit kita itu sarat dengan gula tambahan dari sirup penambah rasa, saus, krim, dan lainnya.  []

Advertisement
Advertisement