July 21, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Sering Merasa Pegel dan Nyeri di Tulang ? Waspada Kanker Tulang, Berikut Penjelasannya

2 min read

JAKARTA – Anda sering mengalami sakit pada tulang? Waspada, bisa jadi Anda mengalami tanda-tanda kanker tulang.

Gejala kanker tulang dapat muncul pada tulang bagian manapun di seluruh tubuh. Meski umumnya muncul di tulang pinggul atau jenis tulang panjang, seperti tulang lengan dan tungkai seperti dikutip dari Halodoc.com.

Kanker tulang mungkin termasuk penyakit yang langka. Kondisi yang banyak terjadi biasanya tumor tulang yang tidak ganas (non kanker). Kanker tulang kebanyakan terjadi akibat penyebaran atau metastasis dari kanker pada bagian tubuh lain.

Beberapa ciri-ciri yang paling sering dikeluhkan sebagai gejala kanker tulang di antaranya:

 

  1. Rasa sakit di area tulang

Gejala paling umum dari kanker tulang adalah rasa sakit pada area tulang yang terserang kanker. Awalnya, rasa sakit mungkin terasa hilang dan timbul. Namun, gejala ini dapat bertambah parah di malam hari atau ketika tulang digunakan untuk beraktivitas. Jika sel kanker berkembang dan bertambah banyak, rasa sakit pun akan semakin memburuk.

 

  1. Bengkak

Pembengkakan pada tulang yang terkena kanker biasanya tidak langsung muncul sampai berminggu-minggu setelah mulai timbul rasa sakit. Hal ini tergantung lokasi kanker pada tulang. Benjolan bengkak yang muncul kadang-kadang bisa teraba, tetapi bisa juga tidak teraba.

 

  1. Tak mampu bergerak

Dikutip dari Kompas.com, gejala kanker tulang belakang dapat berkembang hingga mencakup kelemahan otot, ketidakmampuan menggerakkan kaki, dan berpotensi menyebabkan kelumpuhan.

Ketika Anda merasakan nyeri di punggung terus-menerus, segeralah periksa ke dokter. Meskipun nyeri itu Anda anggap wajar karena muncul setelah Anda mengalami cedera.

 

  1. Tulang rapuh dan lemah

Kanker tulang bisa membuat tulang tempat tumbuhnya kanker menjadi lemah. Namun pada kebanyakan kasus, tulang tidak sampai patah. Pada gejala kanker tulang berupa patah tulang, pengidapnya bisa merasakan sakit luar biasa yang muncul secara mendadak pada tulang, yang tadinya hanya terasa nyeri selama beberapa bulan sebelumnya.

Itulah beberapa gejala umum kanker tulang. Perlu diketahui bahwa gejala kanker tulang bisa muncul berbeda-beda pada setiap pengidapnya, tergantung lokasi kanker tulang. Jika menyerang tulang belakang, kanker bisa menekan saraf tulang belakang dan menyebabkan anggota tubuh mati rasa, kesemutan, atau memiliki kemampuan gerak yang melemah.

 

  1. Penurunan berat badan

Gejala kanker tulang juga bisa berupa penurunan berat badan dan kelelahan yang terus-menerus muncul. Jika sel kanker sudah menyebar ke organ lainnya, bisa pula timbul gejala lain yang berkaitan dengan organ yang diserang. Misalnya, sulit bernapas, jika kanker sudah menyebar ke paru-paru.  []

Advertisement
Advertisement