November 29, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Kalangan Lansia Hong Kong Sambut Gembira Gagasan Caregiver

1 min read
-

HONG KONG – Gagasan pemerintah Hong Kong untuk melakukan upgrade skill domestic worker menjadi caregiver disambut baik oleh kalangan lansia di Hong Kong. Mereka menyadari masalah peningkatan jumlah populasi manula dengan segala persoalannya apabila tidak segera dipikirkan solusinya, akan menimbulkan permasalahan bagi negara kelak di kemudian hari.

Secara teknis, juga berkembang gagasan yang menyertai, terkait dengan pembiayaan. Otoritas Hong Kong berencana akan memberikan subsidi biaya mendatangkan jasa caregiver bagi manula dari kalangan tertentu.

Sekarang Domestic Helper di Hong Kong Bisa Menjadi Caregiver

Dilansir dari oriental group, anggota Dewan Eksekutif dan anggota Dewan Legislatif, Wong Kwok-kin, mengatakan dalam program radio bahwa tidak ada keberatan atas usulan Pemerintah untuk mensubsidi impor pekerja asing untuk mengatasi masalah kekurangan caregiver. Masyarakat setempat enggan melakukan pekerjaan tersebut (caregiver) dan cenderung menganggap manula sebagai orang yang menjijikkan. Menurut pendapatnya, Pemerintah tidak dapat melakukannya dengan skema tenaga kerja tambahan.

Mulai Tahun Depan, Hong Kong Uji Coba Upgrade PRT Jadi Caregiver

Anggota lainnya, Tuan Yeung, mengatakan bahwa pada tahun 2030, populasi lanjut usia di Hong Kong akan mencapai puncaknya. Setelah berumur 10 tahun, sangat penting bagi Pemerintah untuk mengatasi penuaan penduduk selama lima tahun terakhir. Ini akan meletakkan fondasi untuk tahun 2030. [Asa/Oriental]

Advertisement
Advertisement