June 18, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Kamu Punya Banyak Akun Sosmed ? Waspadai Dirimu Terindikasi Depresi

2 min read

ApakabarOnline.com – Di zaman serba modern seperti sekarang ini, wajar kalau kamu punya banyak akun medsos (media sosial). Apalagi, platform media sosial juga ada banyak, bukan? Sebut saja, wajar kalau menemukan orang punya akun di Instagram, Tiktok, Facebook, dan Twitter sekaligus. Hanya, apakah dengan memiliki banyak akun medsos bisa mempengaruhi kesehatan mental seseorang?

Media sosial membuat kita bisa berinteraksi dengan banyak orang tanpa khawatir lagi dibatasi jarak dan waktu. Lewat medsos juga, kita bisa mengekspresikan diri. Sekarang, wajar melihat orang joget-joget atau melakukan koreografi asyik di Tiktok. Di Instagram, ada banyak orang yang swafoto sambil menunjukkan rasa percaya diri. Hal yang mirip juga berlaku di medsos-medsos lainnya.

Masalahnya, terlalu banyak bermain medsos bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan mentalmu. Meski kamu nggak merasa tertinggal dengan isu-isu atau fakta terbaru, realitanya kamu semakin tidak terkoneksi secara langsung dengan orang-orang sekitar seperti keluarga atau teman-teman dekat. Dampaknya, kamu bisa mengalami masalah kesehatan mental, lo.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang terbit di jurnal Computers in Human Behaviour pada 2018 lalu. Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa semakin banyak akun media sosial yang kamu miliki, semakin mudah kamu mengalami gangguan kecemasan dan depresi. Hanya, di penelitian ini, pengguna Instagram nggak dilibatkan.

Para peneliti mengecek bagaimana kebiasaan seseorang memainkan banyak akun media sosial mempengaruhi kesehatan mentalnya. Hasilnya ternyata cukup mengejutkan, kalau kamu punya 7 hingga 11 akun medsos, risiko terkena depresi dan gangguan kecemasan bakal naik tiga kali lebih besar daripada orang yang hanya punya dua akun medsos atau nggak memilikinya sama sekali.

Nah, penelitian yang dilakukan di Pusat Penelitian Media, Teknologi, dan Kesehatan University of Pittsburgh ini dilakukan dengan mengecek kebiasaan 1.787 warga Amerika Serikat berusia 19 hingga 32 tahun dalam memainkan medsosnya.

“Asosiasi ini cukup kuat sehingga psikolog bisa menanyakan orang dengan masalah depresi dan kecemasan apakah mereka punya banyak akun media sosial,” tulis kesimpulan penelitian ini.

Memang, penelitian ini nggak benar-benar menjelaskan bagaimana bisa banyak memiliki akun media sosial akhirnya berimbas pada peningkatan risiko depresi dan kecemasan. Namun banyak ahli yang menyebut semakin banyak akun medsos yang kamu miliki, semakin sering kamu memainkan ponsel. Padahal, berlama-lama dengan ponsel membuatmu semakin kehilangan kemampuan menikmati kehidupan di dunia nyata dan berinteraksi dengan orang-orang di sekitarmu.

Kalau sampai hal ini terjadi, maka kamu memang akan lebih mudah mengalami masalah kesehatan mental.

Melihat fakta ini, coba deh tanya lagi ke diri kamu sendiri. Apakah kamu punya banyak akun medsos? Lantas, apakah kamu sekarang merasa bahagia? []

Advertisement
Advertisement