December 8, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Kamu Sedang Kehilangan Sesuatu ? Amalkan Hal Berikut Ini

1 min read

JAKARTA – Kehilangan sesuatu yang kita sayangi merupakan keadaan yang tidak diinginkan oleh siapapun. Rasa sedih dan resah menghantui saat kejadian demikian terjadi.

Namun demikian, Islam mengajarkan agar saat kehilangan sesuatu untuk tidak kehilangan kontrol. Islam mengajarkan untuk bersabar dan berusaha sembari berdoa.

Imam An-Nawawi dalam kitab Riyadh As-Salihin menyebutkan demikian:

“Barangsiapa kehilangan sesuatu hendaknya berwudu lalu salatlah dua rakaat kemudian ucapkan kalimat syahadat kemudian katakan ‘bismillahi yaa haadi al-dhalal wa raadi al-dhaalah, urdud ‘ala dhaalatii bi izzatika wa sulthanika fainnahaa min ‘athaaika w fadhlika’ (Bismillah, wahai Yang Maha Memberikan Petunjuk sesuatu yang hilang arah, wahai yang Maha Mengembalikan sesuatu yang hilang, kembalikanlah kepadaku barangku yang hilang dengan kemuliaanmu dan kekuasaanmu, sesungguhnya itu adalah dari pemberianmu dan kemurahanmu).”

Doa yang perlu dibaca ketika kehilangan sesuatu yang amat sangat berharga adalah sebagai berikut:

Bismillahi yaa haadi al-dhalal wa raadi al-dhaalah, urdud ‘ala dhaalatii bi izzatika wa sulthanika fainnahaa min ‘athaaika w fadhlika’

Artinya: “Bismillah, wahai Yang Maha Memberikan Petunjuk sesuatu yang hilang arah, wahai yang Maha Mengembalikan sesuatu yang hilang, kembalikanlah kepadaku barangku yang hilang dengan kemuliaanmu dan kekuasaanmu, sesungguhnya itu adalah dari pemberianmu dan kemurahanmu).”

Amalkan saat Anda kehilangan sesuatu. Insya Allah akan segera ditemukan kembali dalam waktu yang singkat. Amin.[]

Advertisement
Advertisement