August 20, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Kasus Omicon Pertama Masuk ke Indonesia Dibawa Oleh WNA

1 min read

JAKARTA – Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengungkapkan satu orang pasien pertama yang terpapar varian baru virus Corona, yakni Omicron masuk melalui warga negara asing (WNA).

“Kami mendapat informasi melalui Kemenkes adanya Omicron yang masuk Jakarta melalui WNA dan ada orang kita (WNI) yang sekarang berada di Wisma Atlet,” ucapnya di Balai Kota DKI, Kamis, (16/12/2021).

Kendati demikian, mantan politikus Partai Gerindra ini tidak merincikan WNA yang berasal dari mana dan sedang berada di mana. Saat ini, ia mengaku pihaknya masih melakukan penelusuran.

“Sejauh ini Dinkes DKI sedang melakukan pengecekan ulang yang bersangkutan untuk memastikan kebenaran informasi yang kami terima,” ungkap Riza.

Pasca ditemukannya Omicron masuk ke Indonesia, Riza mengungkapkan Pemprov DKI menguatkan upaya 3T, yakni testing, tracing, dan treatment, dan meningkatkan pengawasan setiap pelaku perjalanan dari luar negeri.

“Tentu yang perlu ditingkatkan adalah kami semua, pemerintah pusat dan daerah, memastikan semua proses yang masuk ke Jakarta harus lebih ditingkatkan lagi yang bersangkutan dari luar negeri untuk memastikan bahwa yang bersangkutan tidak terpapar varian Omicron,” paparnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengumumkan pasien pertama yang terpapar Omicron, yakni seorang pekerja di Rumah Sakit Wisma Atlet yang berinisial N.

“Perkembangan situasi terakhir menjadikan pemerintah harus bertindak cepat mencegah terjadinya transmisi lokal virus varian Omicron. Isolasi RSDC adalah langkah yang diharapkan efektif untuk tujuan tersebut,” tutur Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Letnan Jenderal TNI Suharyanto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (16/12/2021). []

Advertisement
Advertisement