June 19, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Kebiasaan yang Membuat Berat Badan Sulit Turun

3 min read

JAKARTA – Sebagian orang ingin menjalani diet agar berat badan dapat turun alias ideal. Namun, ternyata ada beberapa kebiasaan yang membuat berat badan susah turun.

Pada umumnya, dikutip dari cnnindonesia.com, jika berbagai aktivitas untuk diet telah dilakukan tapi hasilnya nihil, Anda wajib mengetahui penyebab berat badan susah turun.

Mengutip Medical News Today, tak semua proses diet berjalan lancar. Seseorang bisa saja mengalami kesulitan atau justru gagal menurunkan berat badan karena penyebab tertentu.

Alasannya beragam. Namun, umumnya disebabkan oleh gaya hidup, faktor psikologis, faktor hormonal, dan usia yang kian bertambah.

Melansir hellosehat.com dari berbagai sumber, berikut beberapa kebiasaan yang membuat berat badan susah turun:

 

  1. Makan tidak teratur

Salah satu kebiasaan yang kerap membuat seseorang susah diet adalah makan yang tidak teratur. Banyak yang mengira bahwa melewatkan beberapa jadwal makan dapat menurunkan berat badan dengan cepat.

Padahal, hal ini sebenarnya menjadi salah satu penyebab berat badan susah turun dengan stabil. Makan tidak teratur atau terlambat makan dapat mengakibatkan seseorang lebih sulit mengendalikan nafsu makan.

Alhasil, dengan keseringan terlambat makan akan membuat Anda cenderung kelaparan dan makan lebih banyak saat waktu makan berikutnya.

 

  1. Sering stres

Kebiasaan kedua yang dapat menyulitkan berat badan turun adalah sering stres. Mungkin terdengar tidak logis, tapi kondisi stres ternyata erat kaitannya dengan kenaikan berat badan. Tak heran bila berat badan susah turun jika Anda stres berkepanjangan.

Stres kronis dapat memicu meningkatnya hormon kortisol dalam sehingga seseorang jadi mudah merasa lapar atau nafsu makan meningkat.

Seperti dikutip dari penelitian dalam jurnal Current Obesity Report (2018), kenaikan jumlah kortisol dalam jangka waktu lama sangat berkaitan dengan obesitas dan menumpuknya lemak di perut bawah.

Hal ini tentu tak boleh Anda biarkan karena dapat mengganggu kelancaran program diet menurunkan berat badan.

Olehnya itu, apabila berat badan tidak kunjung turun setelah melakukan diet ketat cukup lama, Anda bisa perlahan-lahan kelola stres dalam diri Anda.

 

  1. Penggunaan obat tertentu

Selanjutnya, kebiasaan yang membuat berat badan sulit turun adalah karena mengonsumsi jenis obat tertentu.

Umumnya, obat-obatan tertentu dapat memberikan efek samping pertambahan berat badan, misalnya obat antidepresan dan obat asam lambung.

Selain obat-obatan, efek samping penggunaan alat kontrasepsi hormonal mengakibatkan kenaikan berat badan pada sebagian orang.

Jika memang penggunaan obat tersebut merupakan penyebab berat badan tidak turun, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter.

 

  1. Tidak memenuhi gizi seimbang

Diet karbo menjadi salah satu cara yang seringkali dilakukan seseorang untuk mengurangi berat badan.

Diet rendah karbohidrat bukan berarti hanya memilih makanan rendah karbohidrat dan bebas makan makanan lainnya.

Anda juga perlu tetap mengonsumsi makanan bergizi seimbang dengan memperhatikan porsi dari setiap jenis makanan.

Saat mengonsumsi sedikit karbohidrat tetapi justru menambahkan sumber lemak, Anda dapat mengalami berat badan susah turun.

Hal ini dapat terjadi karena lemak juga memiliki jumlah kalori yang tinggi serta dapat menumpuk di tubuh jika tidak digunakan sebagai energi.

 

  1. Kurang tidur

Selanjutnya adalah kurang tidur. Ingat, kebiasaan ini sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk dapat menyebabkan berat badan susah turun.

Studi dalam jurnal Epidemiology (2019) menyebutkan bahwa durasi tidur Anda akan sangat menentukan berat badan Anda.

Sebagian orang ketika tidak mendapatkan cukup tidur maka hal itu cenderung membuat berat badan mengalami pertambahan.

Pasalnya, kurang tidur bisa membuat Anda merasa lapar, menimbulkan rasa lelah, dan kurang termotivasi untuk berolahraga.

Selain itu, kurang tidur dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh dan mengakibatkan Anda tidak bergairah.

 

  1. Olahraga tidak rutin

Malas berolahraga juga menjadi salah satu kebiasaan yang membuat berat badan susah turun.

Pasalnya, dengan melakukan olahraga secara rutin, menjadi hal yang tepat untuk menurunkan berat badan, meningkatkan massa otot, dan membuat Anda merasa segar.

Olehnya itu, apabila merasa program diet menurunkan berat badan tak kunjung berhasil, cobalah untuk mulai berolahraga secara rutin.

Umumnya olahraga untuk mengurangi berat badan perlu dilakukan sebanyak 75-150 menit dalam satu minggu.

Beberapa olahraga dengan intensitas ringan sampai sedang seperti jogging, bersepeda, dan aerobik, bisa membantu mengurangi berat badan yang susah turun.

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang kerap kali menjadi penyebab berat badan susah turun. Semoga bermanfaat.  []

Advertisement
Advertisement