June 13, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Kebutuhan Suami yang Wajib Diketahui Istri

2 min read

JAKARTA – Rumah tangga yang harmonis menjadi impian banyak pasangan. Keharmonisan dalam rumah tangga menjadi hal yang penting untuk mencapai tujuan pernikahan. Pernikahan dalam Islam tidak sebatas untuk pemenuhan hasrat seksual.

Pernikahan dalam Islam sebagai bagian untuk menjalankan tugas kemanusiaan sebagai khalifatullah fil ardli. Rumah tangga yang harmonis akan menjadi “tanah yang subur” untuk menyemai anak-anak sebagai generasi Islam yang mencerahkan.

Beberapa kiat dapat dilakukan untuk membentuk keluarga harmonis. Secara umum keluarga harmonis dapat dibentuk oleh suami dan istri.

Keduanya penting untuk saling percaya dan saling mendukung. Salah satu kiatnya adalah istri memenuhi empat kebutuhan suami.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah. Ketika Rasulullah SAW ditanyakan siapa wanita yang paling baik? Rasulullah SAW menjawab bahwa, “Yaitu yang paling menyenangkan jika dilihat suaminya, menaati suami jika diperintah, dan tidak menyelisihi suami pada diri dan hartanya, sehingga membuat suami benci.” (HR An-Nasai Nomor 3231 dan Imam Ahmad 2 : 251).

Dilansir dari Farah.id, berikut beberapa kebutuhan suami yang penting untuk ditunaikan istri menurut dr Aisah Dahlan:

 

  1. Kebutuhan Biologis

Laki-laki memiliki otak hipotalamus yang lebih besar dari wanita. Bagian otak tersebut berfungsi juga sebagai pusat birahi.

Hal tersebut menjadikan seorang suami sulit untuk menahan birahinya. Olehnya itu dalam Islam seorang Istri yang menolak memenuhi kebutuhan syahwat suami akan dibenci malaikat.

“Ketika suami minta istri untuk memenuhi hasrat birahinya, maka tidak boleh istri menolak. Ketika menolak, maka malaikat akan membencinya. Bayangkan, malaikat yang tidak memiliki nafsu saja membenci penolakan istri ketika diajak berhubungan intim dengan suami,” terang dr Aisah Dahlan

 

  1. Kebutuhan Makan dan Minum

Fungsi lain dari hipotalamus adalah sebagai pusat lapar dan haus. Hal ini berarti bahwa istri sangat penting memenuhi kebutuhan makan dan minum suami.

“Jika kebutuhan akan rasa lapar dan haus suami terpenuhi, akan mudah bagi ibu untuk mengajak suami berbicara. Intinya, jika ibu ingin didengar, kenyangkan dulu suami,” ujar dr Aisah yang juga terapis bagi pasien narkotika itu.

Hal yang paling menyenangkan suami saat tiba di rumah, lanjut dr Aisah, adalah ditanya “Ayah sudah makan?”.

 

  1. Kebutuhan Tidur

Secara umun suami lebih sering tidur dibanding istri. Hipotalamus yang besar itu menjadikan suami adalah tidur yang cukup.

“Jadi ibu, jangan ganggu suami yang sedang tidur. Jika ada perlu, biarkan dia tidur sebentar untuk mengumpulkan energinya. Apabila sudah cukup, silahkan ibu bangunkan,” saran dr Aisah.

 

  1. Kebutuhan Menjaga Keamanan

Salah satu fungsi hipotalamus pada suami insting untuk melindungi. Hal ini menjadikan suami akan senang jika diminta bantuan untuk melakukan beberapa kegiatan istri.

Ada beberapa istri yang merasa mandiri, sehingga mengangkat galon sendiri atau memasang lampu yang mati, meskipun ada suami. Hal ini tidak disarankan demi menjaga keharmonisan keluarga.

“Padahal, sebaiknya ibu meminta tolong kepada suami untuk melakukan hal-hal tersebut. Karena hipotalamus suami yang besar, mereka akan sangat dihargai jika ibu meminta tolong. Itulah kebutuhan menjaga keamanan yang suami butuhkan dan harus dipenuhi istri,” ucap dia.

Empat kebutuhan tersebut secara umum disebut sebagai fitrah yang merupakan anugerah dari Allah SWT. Olehnya penting untuk diperhatikan oleh istri demi terwujudnya keluarga yang harmonis. []

Advertisement
Advertisement

Leave a Reply