May 31, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Kedondong, Buah Ini Ternyata Bisa Menjaga Kesehatan Kulit dari serangan Radikal Bebas dan Sederet Manfaat Lain

2 min read

JAKARTA – Kedondong adalah salah satu buah yang sering menjadi salah satu isian buah-buahan di dalam panganan rujak. Kedondong tergolong ke dalam suku mangga-manggaan (Anacardiaceae). Merupakan tanaman yang banyak terdapat di daerah tropis dan termasuk ke dalam Angiospermae. Di setiap negara maupun daerah nama buah ini berbeda-beda. Ternyata selain lezat untuk campuran rujak, manfaat buah kedondong sangat banyak kesehatan tubuh.

 

Manfaat Buah Kedondong

Mengutip dari berbagai sumber, Minggu (05/03/2023), inilah beberapa penjelasan manfaat buah kedondong:

 

 

  1. Melancarkan pencernaan

Buah ini memiliki manfaat dapat melancarkan pencernaan ketika seseorang mengalami kesulitan susah buang air besar. Buah ini mengandung serat pangan yang dapat melancarkan pencernaan. Kedondong dapat memadatkan tinja sehingga mampu mencegah dan mengatasi sembelit. Kandungan didalam buah ini seperti kandungan antioksidan, serat dan berbagai vitamin serta mineral dapat menghilangkan berbagai gangguan pencernaan.

 

  1. Mengatasi anemia

Banyak orang sering mengalami anemia atau kekurangan darah. Kurangnya asupan zat besi menjadi pemicu seseorang mengalami anemia. Salah satu manfaat buah kedondong dapat mengatasi anemia karena terdapat kandungan zat besi, sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh pengidap anemia. Bagi ibu hamil buah ini sangat cocok untuk menjadi list makanan agar kondisi tetap terjaga.

 

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C dan zat besi dalam kedondong dapat menjaga daya tahan tubuh. Kandungan ini mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan bakteri penyebab penyakit. Manfaat buah kedondong memiliki peran untuk meningkatkan penyerapan zat besi ke dalam aliran darah.

 

  1. Menjaga kesehatan mata

Salah satu manfaat buah kedondong adalah menjaga kesehatan mata. Ini disebabkan karena banyaknya vitamin A di dalam buah ini baik untuk kesehatan mata. Dengan tercukupinya vitamin A dalam tubuh, risiko seseorang terkena gangguan penglihatan akan menjadi lebih rendah dengan mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin A seperti kedondong. Buah ini juga mengandung antioksidan yang dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit mata akibat penuaan.

 

  1. Menjaga kesehatan kulit

Paparan radikal bebas yang berasal dari sinar matahari, asap rokok, dan polusi serta proses penuaan dapat menyebabkan kerusakan pada sel kulit. Buah kedondong dapat mencegah risiko kerusakan sel pada kulit karena mengandung antioksidan. Vitamin C dalam kedondong juga dapat berfungsi untuk menjaga kekuatan dan kelenturan alami kulit, karena vitamin C berperan penting dalam pembentukan kolagen.

 

  1. Menurunkan berat badan

Dalam buah kedondong terdapat serat pangan yang tinggi, serat yang tinggi ini dapat membantu makanan lebih lama dicerna sehingga merasa kenyang lebih lama. Dengan ini seseorang dapat lebih mudah mengatur porsi dan pola makan, sehingga berat badan akan lebih mudah terkontrol. Kedondong bisa menjadi buah pilihan untuk yang sedang menjalani program diet karena memiliki serat tinggi, sehingga membantu seseorang merasa kenyang lebih lama.

Itulah berbagai manfaat buah kedondong. []

Advertisement
Advertisement