February 24, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Jangan Sembarangan, Agar Senantiasa Sehat Segar dan Berseri, Begini Sebaiknya Memperlakukan dan Merawat Miss Ve

2 min read

JAKARTA – Menjaga kebersihan organ intim perlu dilakukan, khususnya bagi wanita yang aktif dalam melakukan hubungan seksual.

Salah satu pertanyaan seputar Miss V yang banyak dilontarkan kaum hawa adalah saat mereka usai melakukan hubungan seks, apakah Miss V harus dibersihkan dengan segera?

Dilansir dari Suara.com-jaringan Telisik.id, menjawab pertanyaan itu, Dokter Boyke menyarankan untuk tidak perlu terlalu terburu-buru mencuci Miss V, terlebih dengan sabun.

Dokter Boyke menyarankan pasangan untuk bisa saling berpelukan dan mengucapkan rasa sayang satu sama lain.

Adapun dikutip dari Cantika.com, untuk menjaga organ intim wanita dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu sebagai berikut.

 

  1. Buang Air Kecil

Buang air kecil setelah berhubungan intim dapat membantu menjaga keseimbangan pH kamu. Ini juga meminimalkan risiko infeksi saluran kemih. Mengosongkan kandung kemih dapat membantu mengeluarkan bakteri apa pun, yang mungkin masuk ke uretra saat berhubungan intim.

 

  1. Hindari Cairan Pembersih Kewanitaan

Tidak dianjurkan untuk menggunakan cairan pembersih kewanitaan untuk membersihkan miss V setelah berhubungan intim. Sebab produk tersebut dapat menganggu keseimbangan PH miss V, meningkatkan risiko infeksi atau menyebabkan komplikasi kehamilan.

 

  1. Membersihkan secara Sederhana

Cukup cuci vulva (bagian luar alat kelamin yang termasuk pintu masuk vagina) menggunakan sabun biasa dan sedikit air hangat. Pastikan kamu menggunakan sabun lembut tanpa pewangi atau bahan kimia keras. Ini dapat membantu menghilangkan keringat, air mani, dan bakteri yang ada di area luar.

 

  1. Menyeka Miss V dari Depan ke Belakang

Menyeka miss V dengan cara yang salah dapat menyebabkan penumpukan bakteri penyebab infeksi saluran kemih. Jadi, pastikan kamu menyeka dari depan ke belakang agar miss V tidak terkontaminasi dengan bakteri dari dubur. Gunakan handuk bersih, kering, dan lembut untuk menyeka.

 

  1. Hindari Tisu Basah

Sejumlah perempuan menganggap tisu basah merupakan cara tercepat untuk membersihkan miss V setelah berhubungan intim. Big No, sahabat Cantika. Sebab komponen kimia di tisu basah bisa membuat miss V gatal dan menyebabkan iritasi.

 

  1. Mengganti Pakaian Dalam

Setelah kamu membersihkan dan mengeringkan miss V, ganti pakaian dalam yang bersih dan segar. Mengenakan pakaian dalam yang sama dapat menyebabkan kelembapan berlebihan pada vulva, yang dapat menyebabkan infeksi jamur atau ISK.

Jangan memakai pakaian dalam yang terlalu ketat dan berbahan nilon. Karena hal itu dapat mengiritasi kulit. Pilih bahan yang lembut dan bernapas seperti katun. []

 

Advertisement
Advertisement