December 3, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Keluar Darah saat BAB ? Jangan Panik, Begini Cara Mengatasinya

2 min read
Prime Banner

JAKARTA – BAB berdarah merupakan hal yang biasa terjadi. Namun, bukan berarti Anda bisa menyepelekannya. Cara mengobati BAB berdarah tetap perlu Anda lakukan agar kondisi kesehatan tak memburuk.

Ada banyak penyebab mengapa Anda mengalami BAB berdarah. Mulai dari sembelit, ambeien, hingga penyakit lain yang lebih serius. Maka dari itu, mengetahui penyebabnya adalah hal penting yang perlu Anda lakukan pertama kali.

Jika BAB berdarah disebabkan oleh penyakit serius lainnya, seperti kanker, maka Anda perlu melakukan pengobatan di dokter. Namun, jika penyebabnya tak terlalu serius, maka cara mengobati BAB berdarah berikut bisa Anda coba.

 

Mengatasi Sembelit

BAB berdarah bisa disebabkan karena Anda sedang mengalami sembelit. Untuk mengatasi penyebab ini, Anda perlu memerhatikan makanan yang Anda konsumsi. Dr. Axe merekomendasikan Anda agar mengonsumsi makanan kaya serat, kuah sup tulang, dan minum teh herbal.

Selain mengonsumsi makanan-makanan itu, Anda juga perlu menghindari makananan atau minuman yang bisa memperparah sembelit. Misalnya, alkohol, gorengan atau makanan berminyak, dan produk makanan yang terbuat dari susu (dairy product).

 

Mengatasi Ambeien

Sembelit dapat menyebabkan ambeien dan ambeien dapat menyebabkan BAB berdarah. Cara pertama agar ambeien sembuh adalah dengan mengatasi sembelit. Dr. Axe mengatakan, ambeien bisa sembuh lebih cepat jika Anda tak membuat peregangan terlalu lama.

Hindari duduk terlalu lama di toilet, entah untuk membaca, bermain ponsel, dan lain sebagainya. Duduk terlalu lama justru membuat pendarahan semakin parah. Jangan terlalu kasar saat membersihkan sisa BAB karena bisa membuat ambeien semakin iritasi.

 

Kurangi Stres

Mengurangi stres tak hanya mengobati BAB berdarah, tapi bisa meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Penelitian sains menunjukkan, terlalu banyak stres membuat tubuh kehilangan kemampuannya untuk mengontrol peradangan pada tubuh.

Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk mengelola stres dengan baik. Mulai dari melakukan meditasi, yoga, olahraga secara rutin, dan sering melakukan hobi yang Anda sukai. []

Sumber Kontan

 

Advertisement