June 23, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Kemenlu Aktif Memantau Situasi di Hong Kong Untuk Memastikan Keamanan WNI

1 min read
foto HK01

JAKARTA – Plh. Direktur Perlindungan Warga Negara dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kementerian Luar Negeri Indonesia, Judha Nugraha menuturkan, pihaknya terus memonitor situasi di Hong Kong. Hal ini dilakukan untuk memastikan negara itu tetap dalam kondisi aman bagi para WNI.

“Kita akan terus monitor dan pantau situasi terakhir di Hong Kong. Sampai saat ini kondisinya masih relatif aman bagi warga kita di sana, jika keadaan memburuk tentunya kita akan mengambil langkah-langkah antisipasi,” kata Judha pada Kamis (1/8).

Judha kemudian menuturkan, Konsulat Jenderal Indonesia (KJRI) di Hong Kong sudah mengeluarkan imbauan kepada WNI untuk tidak terlibat dalam aksi demonstrasi dan menghindari pusat-pusat keramaian.

“KJRI Hong Kong telah menyampaikan imbauan kepada masyarkat Indonesia di sana agar berhati-hati dan dapat menghindari tempat-tempat kerumunan massa dan demonstrasi dan juga agar mematuhi hukum setempat dan tidak mengikuti kegiatan yang justru dapat merugikan diri sendiri,” ucapnya.

“Dalam hal ini, Kemlu juga sudah menyampaikan imbauan yang sama melalui platform aplikasi Safe Travel,” imbuh Judha.

Terkait demonsrasi di Hong Kong, sebelumnya Militer China mengisyaratkan akan melakukan intervensi untuk mengatasi demo yang berujung pada kerusuhan di negara tersebut. Militer, untuk pertama kalinya, merilis video penindakan kerusuhan dengan mengeluarkan peringatan.

“Kerusuhan telah secara serius mengancam kehidupan dan keselamatan rakyat dan tidak boleh ditoleransi,” bunyi peringatan militer China dalam video tersebut.

Peringatan itu dikeluarkan komandan garnisun Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) di Hong Kong, Chen Daoxiang pada sebuah resepsi perayaan ulang tahun ke-92 PLA . [Victor /Sindo]

Advertisement
Advertisement