June 15, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Kenanglah Indahnya Masa Lalumu, Bisa Lumayan Turunkan Stressmu

1 min read

ApakabarOnline.com – Penelitian Mental Health Foundation (MHF) di Inggris belum lama ini menyebutkan stres yang sedang dialami seseorang dapat mereda setelah bernostalgia, atau menghayal kenangan di masa lalu.

Dilansir Femalefirst.co.uk, Sabtu (24/11/2018), hasil riset MHF itu diambil dari survei terhadap beragam kalangan di Inggris. Sedikitnya 74 persen responden dari jajak pendapat MHF ditemukan sering mengalami stres. Kemudian lebih positif menatap masa depan setelah menghayal.

Riset berbeda belum lama ini menguatkan hasil MHF. Penelitian yang dilakukan Profesor Psikologi Klinis di Universitas Liverpool sekaligus konsultan psikologi di klinik tersohor di Inggris itu mengungkapkan orang-orang yang menghayal kembali ke masa kanak-kanak dapat berdampak pada kebahagian di hati mereka.

Satu dari sepuluh responden mengaku mengenang masa kecil dapat menyemangati hidup, lalu satu dari tujuh responden menjadi rilek, sementara satu dari lima lainnya menjadi termotivasi dan berpikir positif. Kenangan yang memicu ketenangan kebanyakan seputar liburan ketika berada di masa sekolah.

Kinderman mengatakan, perasaan seseorang tentang siapa dia dan kemampuannya untuk memenuhi rasa bahagia sangat bergantung pada ingatan orang itu. Ingatan dapat membantu persepsi seseorang tentang dunia di sekitarnya.

“Para filsuf dan psikolog sepakat bahwa kita adalah apa yang kita ingat. Soal konsep diri kita, pemahaman kita tentang diri kita sendiri, orang lain dan cara dunia bekerja semua bergantung pada ingatan kita,” urainya.

Menurut Kinderman, menghayal kenangan tidak seperti melihat film. Sebab pengalaman seseorang akan kenangan lebih dapat dirasakan mengingat inderanya pernah ikut merasakan. Maka dari itu, jangan lupa menghayal kenangan masa lalu saat stres melanda. []

Advertisement
Advertisement