June 22, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Kepala Pusaran Topan Haiku Sudah Masuk Radius 800 KM dari Pusat Hong Kong, Signal Peringatan Topan Berpotensi Diaktifkan Besok Pagi

1 min read

HONG KONG – Super topan Haiku yang saat ini tengah mendera Taiwan Selatan amukannya tidak kalah hebat dengan Saola yang 36 jam menyapa Hong Kong.

Ribuan orang di Taiwan diungsikan ke tempat yang aman, berbagai insfrastruktur dan fasilitas umum banyak yang berhamburan. Tak terhitung jumlah pohon tumbang.

Kepala pusaran Super Topan Haiku berdasarkan permodelan satelit akan bergerak ke arah barat menuju ke daratan China, persisnya antara prosinsi Fujian atau sedikit ke selatan, Provinsi Guangdong.

Melihat permodelan citra satelit tersebut, Hong Kong Observatory hari ini (03/09/2023) telah mengeluarkan informasi terkait dengan kemungkinan akan mengaktifkan signal peringatan topan besok pagi.

Seperti apa dampak topan Haiku di Hong Kong, sedekat apa dengan pusat Hong Kong, semuanya masih memiliki probabilitas sebab saat ini diketahui tekanan panas dari arah utara yang bergerak ke selatan cukup kuat.

Sementara itu prakiraan cuaca di Hong Kong per Senin 4 September 2023 diperkirakan akan sangat panas. Suhu udara minimum berada di posisi 27 derajat celcius, sedangkan suhu udara maksimum akan berada di titik 34 derajat celcius.

Hembusan angin bergerak dari utara ke selatan dengan intensitas kekuatan pada skala 3 sampai lima alias silir silir. []

Advertisement
Advertisement