August 1, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Kepingin Lihat Wujud Tanah dari Bulan ? Di Hong Kong Saat Ini Dipamerkan

2 min read
Sampel tanah dari bulan dipamerkan di Hong Kong (Foto Xinhua & CGTN)

Sampel tanah dari bulan dipamerkan di Hong Kong (Foto Xinhua & CGTN)

Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

HONG KONG – Sebuah pameran di Hong Kong menyingkap tabir tanah Bulan yang misterius pada Sabtu, 26 Juni 2021. “Ini kali pertama tanah Bulan dipamerkan di Hong Kong,” kata Kepala Eksekutif Daerah Administratif Khusus (SAR) Hong Kong Carrie Lam pada Sabtu ketika menyampaikan sambutan dalam acara pembukaan pameran tersebut.

Tanah Bulan yang ditampilkan dalam pameran ini merupakan bagian dari total 1.731 gram sampel yang diambil dari permukaan Bulan oleh wahana penjelajah Bulan Chang’e-5 milik Cina pada Desember 2020, sampel Bulan pertama yang dibawa pulang ke Bumi dalam lebih dari 40 tahun.

Di balik kesuksesan itu, ada juga upaya para ilmuwan Hong Kong. Sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh Yung Kai-leung, seorang profesor di PolyU, mengembangkan instrumen pengambil sampel untuk Chang’e-5. Yung juga turut hadir dalam pameran tersebut.

“Karena Covid-19, kami tidak bisa pergi ke Beijing. Ini juga pertama kalinya saya melihat tanah Bulan. Sangat menarik!” ujar Yung dengan suara bergetar karena gembira.

Tanah Bulan merupakan serpihan halus dari regolit yang ditemukan di permukaan Bulan. Sifatnya sangat kering dan tidak mengandung komponen organik, menurut temuan penelitian.

Peneliti geomatika dari Universitas Politeknik Hong Kong (PolyU) Liu Wai-chung (30) mengabadikan tiga foto sampel tanah Bulan seukuran koin dalam wadah kristal berputar, yang berwarna hitam keabu-abuan di bawah lampu sorot.

Bagi Liu, dapat melihat secara langsung tanah yang dibawa dari tempat sejauh 380.000 kilometer di luar angkasa merupakan pengalaman yang sangat fantastis.

Foto CGTN
Foto CGTN

Sebagai seorang peneliti, Liu memiliki rasa ingin tahu yang besar dan banyak pertanyaan di benaknya. “Apa saja yang sebenarnya ada di dalamnya (tanah Bulan)? Seperti apa sifat-sifatnya? Saya menantikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam penelitian terkait di masa depan,” ujarnya.

Di Hong Kong Convention and Exhibition Center, para pejabat dan ilmuwan hadir untuk menyaksikan acara pembukaan pameran. Acara ini juga menampilkan model-model wahana penjelajah Bulan dan ratusan benda pameran yang menampilkan kisah inspiratif para ilmuwan China dalam 100 tahun terakhir.

Acara yang akan dibuka untuk umum selama 13 hari mulai Minggu (27/6) ini telah mengundang rasa ingin tahu dan antusiasme yang besar di kalangan remaja di Hong Kong.

“Saya akan pergi untuk melihat tanah Bulan sesegera mungkin.”

“Jika saya punya tanah Bulan, saya akan mencicipinya untuk mencari tahu apakah rasanya enak atau tidak.”

“Menurut saya tanah Bulan pasti keras dan tidak rata.”

Pernyataan-pernyataan di atas dilontarkan oleh para siswa sekolah dasar di Pui Kiu College pada Jumat saat membagikan apa yang ada di benak mereka tentang tanah Bulan dengan wartawan Xinhua.

Eva Charisa Hsu, Kepala Sekolah Fukien Secondary School Affiliated School, terkesan saat melihat tanah Bulan pada Sabtu. Hsu masih ingat momen saat dia dan murid-muridnya menyaksikan peluncuran pesawat luar angkasa berawak Shenzhou-12 di televisi. “Kami menghitung mundur bersama dan bersorak-sorai untuk negara kami. Kami sangat gembira saat itu. Dan saya merasakan hal yang sama sekarang!”

Untuk kali ini, Hsu berharap dirinya bisa membawa lebih banyak siswa untuk melihat tanah Bulan. “Saya berharap mereka bisa merasakan pencapaian antariksa nasional dan dapat memberikan kontribusi mereka di masa mendatang,” ujar Hsu.[]

Sumber Xinhua

Advertisement
Advertisement