April 18, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Kerjasama antara UMS dan PCIA Hong Kong: Peningkatan Kualitas bagi PMI

1 min read

HONG KONG – Pada tanggal 25 Februari 2024, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) bersama Pimpinan Cabang Istimewa ‘Aisyiyah (PCIA) Hong Kong mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat-Kemitraan Internasional (PkM-KI) di Indonesian Promotion Center (IPC) Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hong Kong.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat pelayanan masyarakat dan memberdayakan masyarakat migran, terutama Pekerja Migran Indonesia (PMI), terkait literasi keuangan, prophetic parenting, dan hak-hak PMI.

Sebanyak 45 PMI ikut serta dalam kegiatan ini. Setelah sambutan dari perwakilan tim PkM-KI, kegiatan inti dimulai dengan pendampingan literasi keuangan oleh tim PkM-KI yang diketuai oleh Dr. Suranto, M.Pd.

Acara kemudian diikuti dengan sesi prophetic parenting oleh tim yang diketuai oleh Surya Jatmika, M.Pd. bersama dengan dosen Psikologi UMS.

Acara inti terakhir yaitu perlindungan hukum serta hak-hak PMI oleh tim yang diketuai oleh Rochman Hadi Mustofa, M.Pd. dan dosen Hukum UMS.

Sebelum penutupan, Ketua PCIA Hong Kong, Ibu Sri Nasiati Umaroh menyampaikan harapannya untuk lebih banyak kolaborasi positif di masa depan.

Acara berakhir dengan doa dan sesi foto bersama, menandai kesuksesan kegiatan ini. Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini. []

Advertisement
Advertisement