July 21, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Keutamaan Sedekah Subuh

3 min read

JAKARTA – Sedekah sepertinya bukan lagi kata yang asing bagi kita. Seperti yang telah sering dibahas bahwa Sedekah adalah memberikan sesuatu kepada orang yang lebih membutuhkan.

Dijelaskan juga bahwa bersedekah bisa dilakukan dengan harta maupun non harta. Sehingga dalam bersedekah terdapat banyak keutamaan yang akan menjadikan seseorang mendapatkan berbagai manfaat dengan menjalankannya.

Satu hal yang sering diperbincangkan adalah berhubungan dengan waktu untuk bersedekah. Memang belum banyak yang tahu, bahwa waktu saat melakukan sedekah juga memiliki keutamaan sendiri.

Untuk lebih memperjelas masalah ini, dirangkum  dari beberapa artikel. Mengenai keutamaan sedekah di waktu Subuh yang belum banyak diketahui.

 

Waktu bersedekah paling baik

Dalam bersedekah tentu ada waktu yang baik dan tepat. Waktu terbaik diantaranya adalah:

 

  1. Pada saat sehat

Waktu yang paling baik untuk bersedekah tentu saja saat kita masih sehat. Karena, saat seseorang sakit, mungkin saja sedekah tersebut hanya suatu upaya untuk menyembuhkannya dari penyakit.

 

  1. Saat merasa takut miskin

Saat merasa takut miskin, tentu dengan bersedekah akan menjadi suatu pengorbanan. Dan pengorbanan tersebut tentu saja dapat dijadikan sebagai salah satu bukti keimanan.

 

  1. Pada hari Jumat

Ibnul Qayyim rahimahullah menjelaskan bahwa bersedekah di hari Jumat itu memiliki kelebihan dari hari-hari lainnya.

Sedekah pada hari Jumat dibandingkan dengan hari-hari lainnya dalam sepekan, seperti halnya sedekah pada bulan Ramadhan jika dibandingkan dengan seluruh bulan lainnya.

Ini menunjukkan bahwa bersedekah pada hari Jumat memiliki keutamaan tersendiri.

 

  1. Pada waktu subuh

Pada waktu subuh, dikatakan bahwa 2 orang malaikat datang ke bumi untuk mendoakan orang-orang yang menafkahkan hartanya di hari itu.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai keutamaan sedekah di waktu subuh.

Ini alasan kenapa kita harus bersedekah pada waktu subuh:

 

  1. Dua malaikat akan mendoakan

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa bersedekah di waktu subuh dikatakan sangat baik.

Keutamaan yang didapatkan dengan bersedekah di waktu subuh adalah akan ada dua orang malaikat yang mendoakan kita ketika kita menafkahkan harta untuk yang lebih membutuhkan.

Tentu saja bukan hanya harta yang bisa kita sedekahkan. Dengan ilmu atau benda lain juga kita bisa melakukan sedekah. Dalam suatu hadits disebutkan bahwa:

“Tiada sehari pun sekalian hamba memasuki suatu pagi, kecuali ada dua malaikat yang turun. Salah satu dari malaikat berkata, ‘Ya Allah, berikanlah rezeki kepada orang yang menafkahkan hartanya’. Sementara yang lain berkata, ‘Ya Allah, kurangkanlah dari yang dimiliki orang yang menahan hartanya’.” (HR Bukhari dan Muslim).

Maka bagi siapapun yang menafkahkan hartanya akan didoakan untuk mendapatkan ganti atas apa yang telah dikeluarkan berlipat ganda. Dan sebaliknya bagi yang menahan hartanya akan ditahan pula rezekinya.

Kapan kita harus mulai melakukan sedekah. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa salah satu waktu terbaik untuk melakukan sedekah adalah saat kita masih sehat.

Ketika masih sehat, kita akan lebih mudah mencari rezeki dan bisa membagikannya kepada orang lain yang lebih membutuhkan.

Dan saat sehat, dalam bersedekah juga memiliki niat yang lebih ikhlas dan murni dengan niat untuk mendapatkan ridho Allah SWT.

Namun sebaliknya, saat kita mulai melakukan sedekah ketika sudah sakit, mungkin itu hanya suatu upaya dalam “merayu” Allah SWT.

Merayu disini berarti menginginkan agar Allah memberikan kesembuhan pada sakit kita.

Maka artinya kita bersedekah dengan adanya tujuan tertentu. Untuk itu, disarankan agar melakukan sedekah saat masih sehat, terutama untuk melakukan sedekah di waktu subuh.

Demikian adalah penjelasan mengenai waktu terbaik untuk melakukan sedekah yang salah satunya adalah melakukan sedekah di waktu subuh.

Keutamaan melakukan sedekah di waktu subuh yang tidak banyak orang tahu adalah bahwa adanya malaikat yang datang ke bumi pada pagi hari.

Mereka bertugas untuk mendoakan siapapun yang melakukan sedekah pada hari itu.

Bagi yang bersedekah, maka malaikat akan berdoa agar diberikan rezeki yang berlipat dan sebaliknya bagi yang menahan hartanya atau tidak bersedekah. []

Advertisement
Advertisement