Konfirmasi Terkini, 170 Meninggal, 7.783 Terinfeksi, 133 Sembuh, dan Seluruh Wilayah China Terjakit Coronavirus

Prime Banner

HONG KONG – Penyebaran wabah virus corona semakin meluas. Hingga Kamis (30/1) pukul 09.00 WIB, tercatat 7.783 orang terjangkit penyakit ini di seluruh dunia. Sebanyak 170 orang menjadi korban jiwa, sedangan 133 orang berhasil sembuh.

Sementara itu, Situs Dingxiangyuan, China, yang menyiarkan data realtime penyebaran virus corona dan dipercaya valid mencatatkan angka yang sedikit berbeda. Pada update terakhir 30 Januari 2020 pukul 11:00 WIB, tercatat bahwa 7.736 orang terjangkit, 12.167 orang dicurigai terjangkit, 170 meninggal, dan 126 orang sembuh.

China masih tercatat sebagai negara dengan jumlah korban terbanyak. Berikut ini data rinci penyebaran virus corona terbaru. Data tabel ini bersumber dari dari data John Hopkins University (JSE). Universitas terkemuka di Amerika Serikat (AS) ini memperbarui data penyebaran dan korban virus corona dari berbagai sumber resmi.

Dengan kasus yang telah dikonfirmasi di Tibet, virus ini sekarang telah menyebar ke setiap wilayah di daratan China.

Infeksi juga telah menyebar ke setidaknya 16 negara lain.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan bertemu pada hari Kamis untuk membahas apakah virus tersebut merupakan kondisi darurat kesehatan global.

“Dalam beberapa hari terakhir perkembangan virus di beberapa negara, terutama penularan dari manusia ke manusia, membuat kami khawatir,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada hari Rabu, menunjuk ke Jerman, Vietnam dan Jepang.

“Meskipun jumlah di luar China masih relatif kecil, mereka memiliki potensi wabah yang jauh lebih besar.”

 

Apa itu coronavirus?

Virus ini diduga muncul dari satwa liar yang diperdagangkan secara ilegal di pasar makanan laut di Wuhan, ibukota provinsi Hubei dan di situlah sebagian besar kasus dan kematian telah dilaporkan.

Meskipun ada beberapa kasus di mana diperkirakan virus ini telah menyebar dari manusia ke manusia, sebagian besar kasus yang dikonfirmasi adalah orang-orang yang berasal dari Wuhan atau memiliki kontak dekat dengan seseorang yang telah ada di sana.

Meskipun tidak ada obat khusus atau vaksin untuk virus, banyak orang yang tertular hanya memiliki gejala ringan dan sembuh dari itu.

Meskipun demikian, virus ini dapat menyebabkan infeksi pernapasan akut yang parah dan menyebabkan kematian. []

You may also like...