April 24, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Krisis Tenaga Kerja Membuat Jepang Membutuhkan Lebih Banyak Lagi Pekerja Migran dari Indonesia

2 min read
Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masaki Yasushi (Foto Istimewa)

Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masaki Yasushi (Foto Istimewa)

JAKARTA – Beberapa waktu belakangan, Jepang semakin gencar membuka lowongan pekerja asing, salah satunya pekerja asal Indonesia. Hal tersebut disebabkan, Jepang tengah mengalami krisis ketenagakerjaan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masaki Yasushi dalam keterangan persnya pada Senin (25/03/2024) kemarin.

“Jepang benar-benar menghadapi masalah kekurangan tenaga kerja, sementara Indonesia sangat aman di berbagai sektor,” ujar Dubes Yasushi.

Masuknya pekerja Indonesia ke Jepang, katanya, cukup banyak membantu operasional Jepang yang sedang mengalami peningkatan penduduk lanjut usia. Menurutnya, para PMI juga membantu Indonesia untuk semakin berkembang bila pulang kembali ke Indonesia, yang mana para PMI turut membawa keahlian baru dari berbagai macam bidang.

“Ini saling menguntungkan bagi Indonesia karena setelah beberapa tahun di Jepang mereka akan kembali ke sini (Indonesia) dengan membawa keterampilan yang dapat memberikan kontribusi yang sangat baik juga bagi perekonomian Indonesia,” jelas Dubes Yasushi.

Hal ini katanya, dapat memfasilitasi kembalinya pekerja terampil Indonesia agar mereka dapat memperoleh pekerjaan di Indonesia pada perusahaan Jepang.

“Apa yang kami lakukan sekarang di sini, kedutaan adalah menjadikan mereka yang kembali menjadi pekerja cepat di Indonesia agar mereka bisa mendapatkan pekerjaan di Indonesia,” ujar Dubes Yasushi.

Yasushi juga menyebut bahwa Pemerintah Jepang akan kembali membuka lowongan pekerjaan bagi para pekerja Indonesia. Namun, ia tak menyebut kapan lowongan pekerjaan tersebut akan dibuka.

Dalam kesempatan itu, ia hanya menjabarkan lowongan kerja tersebut mencakup beberapa sektor seperti konstruksi, pariwisata, layanan kesehatan, komersial, hingga pertanian dan perikanan.

Dubes Yasushi  juga mengatakan bahwa pemerintah Jepang melanjutkan upaya untuk meningkatkan kesempatan kerja di sektor ketenagakerjaan yang lebih ringan bagi pekerja migran Indonesia.

“Pemerintah kami berusaha membuat sektor yang lebih ringan untuk menerima keselamatan para pekerja, seperti bidang transportasi dan sebagainya,” pungkas dubes yang baru bertugas di Indonesia ini. []

Advertisement
Advertisement