May 17, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Lagi, 6 Ton Kerapu Indonesia Diekspor ke Hong Kong

1 min read

JAKARTA – Pulau Belitung terkenal dengan potensi alam yang sangat besar. Salah satunya, produk kelautan dan perikanan. Selain memenuhi kebutuhan penduduk lokal di Kepulauan Bangka Belitung, produk kelautan dan perikanan berpotensi untuk diekspor dan berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi. Melihat potensi ekspor produk tersebut, Bea Cukai Tanjung Pandan mengasistensi CV Sumber Mandiri hingga akhirnya melaksanakan ekspor komoditas ikan hidup.

Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Pandan Jerry Kurniawan mengatakan, pada 16 Januari, pihaknya memfasilitasi perusahaan tersebut untuk mengekspor 6 ton ikan hidup ke Hong Kong. “Kegiatan ekspor ini menyumbang devisa ekspor USD 36 ribu. Hal ini tentu membantu perekonomian masyarakat Pulau Bangka dan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi nasional (PEN). Kami yakin sektor kelautan dan perikanan bisa menjadi pengungkit ekonomi sekaligus peluang di masa pandemi,” ungkapnya.

Tak hanya bertugas memfasilitasi pelaksanaan ekspor, Bea Cukai juga berfungsi sebagai trade fasilitator.

Bea Cukai Tanjung Pandan juga mengawasi ekspor ikan hidup. Sebab, komoditas ikan hidup yang diekspor harus dipastikan sebagai hasil budi daya, bukan hasil tangkapan di alam. []

Advertisement
Advertisement