April 23, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Lama Tak Terdengar, Tetiba Dikabarkan Mobil ESEMKA Muncul Lagi akan Ikut Pameran

2 min read
Presiden Jokowi di Pabrik Mobil ESEMKA (foto Istimewa)

Presiden Jokowi di Pabrik Mobil ESEMKA (foto Istimewa)

JAKARTA –  Esemka, pabrikan mobil yang digadang-gadang sebagai mobil nasional besutan anak-anak SMK di Solo itu sudah cukup lama tidak terdengar namanya.

Namun kini tiba-tiba mobil Esemka muncul lagi dan dipastikan menjadi peserta Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 yang akan digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta, pada 16-26 Februari 2023.

Dalam ajang pameran mobil bergengsi itu, Esemka akan bersanding dengan sejumlah merek mobil ternama dunia, seperti Mitsubshi, Suzuki, dan Morris Garage.

“Kami sudah dapat izin dari pemegang merek, jadi Esemka dipastikan akan hadir di pameran ini,” kata Project Manager IIMS Rudi MF di Jakarta, Kamis (02/02/2023).

Rudi mengaku, keterlibatan Esemka sebagai salah satu peserta IIMS 2023, ketika pihaknya dihubungi oleh pihak Esemka yang menyatakan berminat menjadi salah satu peserta IIMS.

Menurut Rudi, pihaknya menyambut baik keinginan Esemka dan langsung menyiapkan Booth di Hall A khusus untuk mobil pabrikan Boyolali itu.

“Teman-teman dari Esemka, perwakilan brand yang langsung menghubungi kami menyatakan ingin mengikuti, kami siapkan lahan yang proper tentunya di Hall mobil dan menempati Hall A. Ini pertama kalinya (Esemka ikut IIMS),” ujar Rudi saat prescon IIMS 2023.

 

Esemka lekat dengan citra politik Jokowi

Namun munculnya kembali Esemka ke publik mendapat beragam tanggapan dari masyarakat. Mobil ini seakan lekat dengan citra Joko Widodo karena sering kali mengiringi langkah politiknya. Sepanjang sejarahnya, Esemka sering kali timbul tenggelam mengikuti perjalanan politik Joko Widodo.

Pada 2012, mobil Esemka sempat digunakan Jokowi untuk mendongkrak popularitasnya ketika bertarung di Pilkada DKI 2012.

Ketika itu Jokowi menggunakan Esemka dalam perjalannya dari Solo ke Jakarta. Mobil Esemka juga dianggap sebagai bukti keberhasilannya dalam memimpin Solo, sebab mobil ini pertama kali dirilis pada 2007, ketika Jokowi menjadi Wali Kota Solo

 

Pasang surut Esemka

Setelah Jokowi terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta, pamor Esemka meredup. Namun mobil itu Kembali ramai diperbincangkan ketika Jokowi maju sebagai calon presiden pada 2014.

Mobil Esemka sempat ingin diproduksi secara massal, dan disebut-sebut akan menjadi kendaraan dinas Jokowi.

Pada 2014, setelah Jokowi terpilih menjadi presiden, berdiri perusahaan Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH) sebagai pengelola Esemka, yang dipimpin oleh mantan Kepala BIN AM Hendropriyono.

Pada januari 2016, perencanaan produksi massal Esemka semakin matang setelah ACEH mendirikan pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah.

Pada2017, Esemka dijadwalkan akan memproduksi kendaraan namun akhirnya belum siap hingga akhirnya pada 2019 pabrik tersebut resmi dibuka.

Setelah itu, nama Esemka kembali hilang bak ditelan bumi. Dan kini Esemka Kembali muncul dan menjadi salah satu peserta IIMS 2023. []

Advertisement
Advertisement