June 19, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Lebih Sehat Mandi Air Hangat Apa Air Dingin ?

3 min read

JAKARTA – Mandi bisa membuat tubuh lebih bersih dan lebih segar. Namun, di antara mandi air dingin dan air hangat, mana yang lebih sehat?

Air hangat atau dingin tentu memiliki manfaat dan risikonya masing-masing. Berikut manfaat air hangat dan dingin dikutip dari Halodoc.com:

 

  1. Manfaat air hangat bagi tubuh

Air hangat dapat memberikan manfaat bagi tubuh dalam dua cara, yaitu saat dikonsumsi secara langsung, atau saat diguyurkan pada tubuh ketika kamu mandi. Berikut manfaat air hangat jika dikonsumsi secara langsung, dan dilakukan secara rutin:

 

– Membantu melancarkan pencernaan

Untuk mendapatkan manfaat air hangat yang satu ini, kamu disarankan untuk mengonsumsi segelas air hangat di pagi hari, karena mampu mengaktifkan sistem pencernaan yang dapat membantu mencegah gangguan pencernaan. Selain itu, mengonsumsi air hangat juga dapat merangsang aliran darah menuju usus dan mencegah terjadinya sembelit.

 

– Membuang racun dari dalam tubuh

Manfaat air hangat selanjutnya adalah membantu proses detoksifikasi tubuh. Air bekerja dengan menyingkirkan zat-zat yang tidak diperlukan tubuh. Berkaitan dengan hal tersebut, disarankan untuk menambahkan sedikit jus lemon segar untuk hasil yang maksimal. Lemon akan merangsang organ pencernaan dan membuang racun dari dalam tubuh dalam bentuk feses.

 

– Menghambat penuaan dini

Menghambat penuaan merupakan manfaat selanjutnya yang dimiliki oleh air hangat. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, air hangat dapat membantu tubuh dalam mengeluarkan racun dari dalam, terutama racun yang dapat menyebabkan penuaan dini. Air hangat bekerja dengan memperbaiki sel-sel kulit dan meningkatkan elastisitas kulit.

 

  1. Manfaat air dingin bagi tubuh

Sebagian orang awam berpendapat bahwa mengonsumi air dingin dapat menimbulkan penyakit, seperti pilek dan radang tenggorokan. Padahal, air dingin justru memiliki beragam manfaat baik bagi tubuh. Berikut sederet manfaat air dingin jika dikonsumsi:

 

– Menghidrasi tubuh setelah berolahraga

Saat berolahraga, suhu tubuh akan meningkat. Manfaat air dingin di sini adalah untuk menurunkan suhu tubuh pasca olahraga. Karena rasanya yang segar, air dingin cocok diminum setelah berolahraga guna mencegah dehidrasi dan mampu membantu tubuh dalam membakar kalori lebih baik.

 

– Menurunkan demam tubuh

Menurunkan demam tubuh merupakan salah satu manfaat air dingin. Saat mengalami demam, kamu bisa mengonsumsi air dingin guna menurunkan suhu tubuh. Kamu perlu menjaga asupan cairan dalam tubuh, karena saat demam tubuh akan bekerja keras dalam melawan penyebab dari demam itu sendiri.

 

– Melawan heat stroke

Heat stroke merupakan kondisi saat tubuh mengalami peningkatan suhu secara drastis hingga mencapai suhu 40 derajat Celcius atau lebih. Kondisi ini biasanya terjadi saat seseorang menerima paparan suhu panas dari lingkungan sekitar di luar batas toleransi tubuh. Untuk mengatasinya, cobalah untuk mengonsumsi air dingin.

Selain itu, adapula efek samping mandi air hangat dan air dingin, seperti dikutip dari Kompas.com:

 

Efek samping mandi air dingin, yakni:

– Memperlambat penyembuhan jika mandi air dingin ketika sedang demam.

– Meningkatkan risiko aritmia atau denyut nadi yang tidak beraturan jika Anda memiliki penyakit jantung.

– Meningkatkan risiko edema paru di mana terdapat cairan mengisi kantung udara di dalam paru-paru jika Anda memiliki penyakit paru.

 

Sedangkan efek samping mandi air hangat, yakni:

– Membuat kulit menjadi terlalu kering dan memicu terjadinya iritasi.

– Membuat penyakit kulit yang diderita, seperti eksim, menjadi lebih parah.

– Membuat kulit terasa gatal.

– Meningkatkan tekanan darah sehingga tidak disarankan jika Anda memiliki tekanan darah tinggi atau penyakit kardiovaskular tertentu.

 

 

Mandi ait hangat atau dingin?

Di antara mandi air dingin dan air hangat, mana yang lebih sehat? Ternyata, keduanya memiliki manfaat dan efek samping yang berbeda sehingga tidak ada yang lebih baik di antara keduanya.

Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan yang dimiliki untuk memilih di antara mandi air dingin dan air hangat. []

Advertisement
Advertisement