May 18, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Longgar, Tujuh Juta Orang Tinggalkan Jakarta untuk Mudik Lebaran

1 min read

JAKARTA – Polda Metro Jaya menyatakan setengah dari prediksi pemudik telah meninggalkan DKI Jakarta menuju kampung halamannya. Sebelumnya, prediksi warga yang meninggalkan DKI Jakarta sebanyak 13 juta orang.

“Kurang lebih sudah tujuh juta orang,” kata Kabid Humas Polda Mero Jaya Kombes Endra Zulpan dalam konferensi pers secara daring, Sabtu (30/04/2022).

Zulpan menuturkan, selain pengamanan arus mudik Lebaran 2022, pihaknya juga akan melakukan penjagaan di sejumlah lokasi wisata wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Diprediksi, sejumlah warga tetap akan mengunjungi tempat wisata. Oleh karenanya, pos pengamanan telah didirikan di lokasi wisata yang biasa dikunjungi warga.

“Tempat wisata itu sudah kita siapkan beberapa objek lokasi yang biasanya ramai dikunjungi masyarakat seperti TMII Ancol, ragunan kotu maupun monas ini nanti akan jadi keramaian setelah lebaran,” tutur Zulpan.

Untuk diketahui, Irwasum Polri, Komjen Agung Budi Maryoto mengatakan, diprediksi secara keseluruhan ada 86 juta orang mudik ke kampung halaman. Mayoritas para pemudik akan mendaratkan tujuannya ke Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Menurutnya, pelaksanaan mudik tahun ini beda dengan tahun sebelumnya. Pemerintah memperbolehkan pelaksanaan mudik dengan syarat pemudik telah menerima vaksin dosis 3 dan menerapkan prokes secara ketat.

Mudik kali ini juga diprediksi berbeda di Bali karena tidak hanya pemudik yang menuju kampung halamannya, namun wisatawan akan datang ke Bali. Hal itu terlihat dari beberapa hari pelaksanaan mudik.[]

 

Advertisement
Advertisement