June 18, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Luar Biasa, Menjadi Episentrum Corona, China Malah Bisa Hasilkan 11,86 Juta Lapangan Kerja

1 min read
China takes victory lap on economic growth (Foto SCMP)

China takes victory lap on economic growth (Foto SCMP)

HONG KONG – Di tengah pandemi virus Corona yang memukul ekonomi seluruh dunia, China menjadi satu-satunya kekuatan yang berhasil mencatatkan ekspansi tahun lalu.

Pertumbuhan PDB tahunan tercatat sebesar 2,3 persen. Selain itu, China juga berhasil melampaui target lapangan kerja pada 2020.

Pemerintah China menetapkan target untuk menciptakan 9 juta pekerjaan perkotaan baru pada 2020, dibandingkan dengan 11 juta pada 2019.

Rilis Biro Statistik Nasional (NBS) hari ini menyebutkan bahwa ada 11,86 juta pekerjaan perkotaan baru yang diciptakan di China tahun lalu, 131,8 persen dari target.

Sepanjang 2020, tingkat pengangguran yang disurvei di China adalah 4,7 persen dibandingkan dengan 5,5 persen pada tahun sebelumnya.

“Target utama pembangunan ekonomi dan sosial [pada 2020] telah selesai lebih baik dari yang diharapkan,” kata Kepala NBS Ning Jizhe dilansir South China Morning Post, Senin (18/01/2021).

Ning menambahkan bahwa pertumbuhan PDB triwulanan telah kembali ke level sebelum pandemi.

Selain itu, biro statistik juga merilis data ekonomi yang mencakup bulan terakhir 2020 yang menunjukkan bahwa pertumbuhan tetap kuat.

Tingkat pengangguran yang disurvei itu tidak termasuk angka untuk puluhan juta pekerja migran di negara itu, mencapai 5,2 persen pada Desember, tidak berubah dari November. []

Advertisement
Advertisement