June 16, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Makanan yang Bisa Menjaga Kesehatan Otak

2 min read

JAKARTA –  Salah satu organ penting dalam tubuh manusia adalah otak. Maka perlu untuk menjaga kesehatan otak ini.

Pada umumnya, dikutip dari kemkes.go.id, kesehatan otak merupakan modal dasar utama untuk beraktivitas secara produktif dan berkualitas sesuai kemampuan.

Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), tidak terlepas dari peran kesehatan otak. Melalui pengelolaan kesehatan otak yang terintegrasi akan menghasilkan SDM yang cerdas, memiliki kompetensi, kemampuan, keterampilan, serta daya saing tinggi.

Olehnya itu perlu untuk menjaga kesehatan otak agar kita bisa meraih prestasi demi prestasi terbaik dalam hidup secara maksimal.

Melansir yoursay.id dari hellosehat.com, berikut beberapa jenis makanan yang dapat membuat otak sehat Anda:

 

  1. Alpukat

Selain digemari banyak orang karena rasanya yang lezat dan sering dijadikan bahan minuman, diketahui juga bahwa buah ini terbukti  memiliki manfaat baik untuk kesehatan otak. Hal ini dikarenakan adanya kandungan asam lemak omega-3 dalam alpukat.

Dalam sebuah jurnal Nutrients pada 2017, dijelaskan bahwa dengan mengkonsumsi satu alpukat dalam sehari dapat meningkatkan fungsi kognitif otak pada orang dewasa.

 

  1. Buah berry

Buah berry memiliki beberapa macam jenis, seperti stroberi, blueberry, dan blackberry. Ketiganya sama-sama memiliki manfaat baik untuk kesehatan otak.

Manfaat ini diperoleh dari adanya kandungan antosianin dan zat flavonoid lain yang berperan sebagai antioksidan.

 

  1. Kopi dan teh

Minuman seperti seperti kopi dan teh juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan otak.

Kafein yang terkandung dalam minuman ini jika dikonsumsi jumlah yang cukup, akan meningkatkan daya ingat dan menurunkan risiko demensia.

 

  1. Dark chocolate

Ternyata makanan lezat ini juga memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan otak. Cokelat hitam atau dark chocolate yang terbuat dari buah kakao ini mengandung flavonoid, antioksidan, dan juga kafein.

Flavonoid dalam cokelat hitam diketahui dapat melancarkan aliran darah ke otak serta mengurangi peradangan. Dengan begitu, akan meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak.

Selain itu, dengan mengkonsumsi cokelat akan meningkatkan fungsi otak dalam jangka pendek. Manfaat ini diperoleh dari adanya kandungan kafein dalam cokelat.

 

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau juga merupakan salah satu makanan yang akan memberikan manfaat baik untuk kesehatan otak.

Sayuran hijau mengandung vitamin E, vitamin K, beta karoten, dan folat. Keempatnya memiliki peran yang cukup besar dalam menjaga kesehatan otak serta meningkatkan fungsi otak.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang bisa Telisikers konsumsi untuk menjaga kesehatan otak. Semoga bermanfaat. []

Advertisement
Advertisement