April 17, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Tubuh

2 min read
Belimbing wuluh (Foto Flickr Mauro)

Belimbing wuluh (Foto Flickr Mauro)

JAKARTA – Meski berukuran kecil, manfaat belimbing wuluh ternyata sangat besar. Tidak hanya meningkatkan daya tahan tubuh, buah yang berbentuk lonjong ini juga dipercaya mampu menurunkan tekanan darah hingga mencegah pertumbuhan sel kanker.

Belimbing wuluh merupakan tanaman asli Asia Tenggara yang kini banyak tumbuh di Indonesia, Malaysia, Filipina, hingga Sri Lanka. Buah ini biasa digunakan sebagai tanaman herbal untuk pengobatan. Bukan cuma buahnya, bahkan daun dan bunganya dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa masalah kesehatan.

Dilansir dari Halodoc.com, belimbing wuluh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Di dalam buah tersebut terkandung antioksidan dan memiliki efek astringen karena kandungan asamnya yang tinggi.

Berikut manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan:

 

– Membantu Mengatur Kadar Gula Darah

Belimbing wuluh mengandung banyak flavonoid dan serat makanan. Kandungan tersebut bekerja untuk mencegah lonjakan kadar glukosa darah secara mendadak setelah makan. Dengan begitu, buah ini dapat membantu mengelola gejala diabetes.

 

– Mengatasi Hipertensi

Manfaat belimbing selanjutnya yaitu untuk mengatasi hipertensi. Pemanfaatan belimbing wuluh untuk mengontrol hipertensi telah lama digunakan secara tradisional. Caranya dengan merebus belimbing wuluh, kemudian air rebusannya diminum. Dianjurkan untuk meminum ramuan tersebut setiap pagi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

 

– Mengobati Wasir

Belimbing wuluh mengandung unsur antiinflamasi, yaitu tanin dan terpen. Kandungan tersebut dapat mengurangi pembengkakan di pembuluh darah anus dan rektum, suatu kondisi yang dikenal sebagai wasir.

Mengaplikasikan ekstrak buah dan daun belimbing wuluh di area yang bermasalah dapat mengurangi rasa sakit, peradangan, dan pendarahan untuk meredakan wasir.

 

– Menyembuhkan Batuk dan Pilek

Kandungan vitamin C yang banyak pada belimbing wuluh, memberikan manfaat untuk fungsi sistem kekebalan tubuh. Kandungan tersebut dapat mengobati batuk dan pilek akibat perubahan musim dan alergi.

Selain itu, konsumsi belimbing wuluh juga baik untuk memperkuat mekanisme pertahanan tubuh.

Selain itu, dikutip dari Alodokter manfaat belimbing wuluh diperoleh berkat kandungan nutrisi yang melimpah di dalamnya. Beberapa kandungan nutrisi di dalam belimbing wuluh ini adalah:

 

Karbohidrat

Protein

Serat

Vitamin C

Kalium

Kalsium

Fosfor

Zat besi.  []

Advertisement
Advertisement