June 23, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Manfaat Minum Teh pada Pagi Hari

3 min read

JAKARTA – Salah satu minuman paling populer di tengah masyarakat adalah teh. Selain kopi, teh juga sangat cocok sebagai sajian di pagi hari.

Jika melihat pengertian dari wikipedia.org, teh adalah minuman yang mengandung kafeina, sebuah infusi yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia sinensis dengan air panas.

Teh yang berasal dari tanaman teh dibagi menjadi empat kelompok: teh hitam, teh oolong, teh hijau, dan teh putih.

Bagi sebagian orang, minum teh di pagi hari menjadikan pikiran dan tubuh lebih fresh. Bahkan lebih dari itu, penelitian telah membuktikan bahwa teh membawa manfaat kesehatan yang luar biasa ketika diminum di pagi hari.

Hanya saja berbagai manfaat minum teh di pagi hari belum banyak diketahui. Lalu, apa saja manfaat minum teh di pagi hari?

Dikutip dari merdeka.com, berikut manfaat minum teh di pagi hari yang dirangkum dari cupitol.com:

 

  1. Menghilangkan Stres

Manfaat minum teh di pagi hari yakni untuk menghilangkan stres. Teh mengandung asam amino yang disebut L-theanine yang memiliki efek menenangkan.

Satu studi menemukan bahwa teh hitam membantu menurunkan kadar kortisol pada pasien stres sebanyak 47%.

Plus, teh tidak menyebabkan kantuk karena mengandung kafein. Jadi, jika Anda ingin menurunkan tingkat stres sambil tetap waspada, minumlah secangkir teh. Aktivitas membuat teh itu sendiri sudah bisa menjadi terapi.

 

  1. Membantu Melawan Radikal Bebas

Manfaat minum teh di pagi hari yang pertama adalah untuk melawan radikal bebas. Kadar radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh dapat merusak sel-sel dalam tubuh.

Jika dibiarkan saja, “molekul tak bermuatan” ini dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, seperti diabetes, aterosklerosis, tekanan darah tinggi, dan kanker.

Antioksidan tampaknya dapat mengatasi kerusakan ini dengan menstabilkan radikal bebas. Pada saat yang sama, mereka juga membantu mencegah pembentukan lebih banyak radikal bebas.

Di sinilah peran teh, yang mengandung banyak antioksidan dalam bentuk polifenol.

 

  1. Membantu Menjaga Berat Badan

Manfaat lainnya yakni membantu menjaga berat badan yang sehat. Penelitian telah menemukan bahwa teh hijau dapat meningkatkan tingkat metabolisme tubuh. Pada saat yang sama, teh juga meningkatkan kemampuan pembakaran lemak tubuh.

Teh putih juga menjanjikan pada area penurunan berat badan. Para peneliti mengatakan bahwa teh putih dapat membantu menghentikan perkembangan sel-sel lemak baru. Selain itu, bahan aktif teh putih tampaknya dapat “memobilisasi” sel-sel lemak matang.

Dalam istilah awam, ini berarti teh dapat membantu melengkapi tujuan penurunan berat badan Anda. Tentu saja, Anda tetap perlu makan sehat sepanjang hari dan tetap aktif agar dapat menjaga kebugaran dan berat badan yang sehat.

 

  1. Meningkatkan Energi

Manfaat minum teh di pagi hari lainnya yaitu membantu meningkatkan energi. Minum kopi dan teh adalah cara yang bagus untuk menyegarkan indra Anda di pagi hari.

Dorongan energi itu berasal dari kandungan kafeinnya, yang merupakan stimulan alami.

Kafein merangsang otak Anda dengan menghalangi neurotransmitter yang disebut adenosin. Ini kemudian mengarah pada peningkatan neurotransmiter lain, seperti dopamin, di dalam tubuh.

Pada akhirnya, proses ini meningkatkan penembakan neuron di sistem Anda, dan membuat Anda mendapatkan energi lebih.

 

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Minum teh di pagi hari juga dapat meningkatkan fungsi otak. Minum teh hijau di pagi hari, atau teh lainnya dapat membantu Anda menjadi lebih pintar. Manfaat luar biasa ini berasal dari campuran L-theanine dan kafein dalam teh.

Seperti disebutkan di atas, kafein membantu meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh. L-theanine memiliki efek yang sama, ditambah sebagai pemicu otak untuk menghasilkan lebih banyak gelombang alfa. Kombinasi efek ini membantu meningkatkan fungsi otak, terutama memori dan fokus.

 

  1. Melindungi Tubuh dari Kanker

Minum teh di pagi hari juga dapat melindungi tubuh dari kanker. Manfaat lain dari minum teh di pagi hari, baik itu teh hitam atau teh hijau, adalah mengurangi risiko kanker. Ini karena kandungan polifenol atau antioksidan dalam teh.

Sebuah studi tentang teh hijau, khususnya, menemukan bahwa minuman ini dapat membantu mencegah kanker kerongkongan dan paru-paru.

Selain itu, teh hijau telah terbukti memiliki efek penghambatan pada perkembangan beberapa jenis tumor. []

Advertisement
Advertisement