June 23, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Manfaat Berlibur pada Kesehatan Jasmani dan Rohani

3 min read

JAKARTA –  Berlibur menjadi kebutuhan sebagian orang yang mesti dilakukan pada masa tertentu. Mengapa? Ya, karena berlibur ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik maupun mental.

Dikutip dari kemkes.go.id, mendapatkan hidup sehat yang lebih baik ternyata tidak hanya dipengaruhi kualitas pekerjaan, dan seberapa rutin kita berolahraga setiap pekan atau bulannya, namun melainkan juga seberapa banyak kamu merencanakan liburan.

Liburan di sini tidak harus bepergian jauh, atau mengeluarkan biaya besar. Namun banyak hal sederhana sebenarnya juga dapat masuk dalam katagori liburan yang dapat memberikan manfaat bagi kita.

Liburan sesederhana menghirup udara pagi, menikmati pemandangan alam, bersepeda di taman saat pagi hari, melakukan yoga juga sudah merefresh pikiran kita yang dapat berdampak positif bagi kesehatan fisik maupun mental.

Dilansir klikdokter.com dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat yang dapat diperoleh seseorang saat berlibur:

  1. Menurunkan Risiko Stres

Manfaat liburan pertama yang diperoleh adalah dapat menurunkan proses biologis yang berkaitan dengan stres. Hal ini diungkapkan Dr. Elissa Epel, profesor bidang psikiatri dari University of California, Amerika Serikat.

Tidak cukup sampai di situ, Dr. Elissa juga mengatakan sekalipun durasinya singkat, liburan bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

 

  1. Menekan Risiko Penyakit Jantung

Stres adalah salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko kamu mengalami penyakit jantung. Mengurangi stres dengan berlibur bisa bantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Menurut penelitian, liburan secara teratur dapat mengurangi risiko serangan jantung sebesar 32 persen pada pria dan 50 persen pada wanita.

 

  1. Membantu Tetap Fokus

Manfaat liburan juga bisa membantu Kamu tetap fokus. Jeda dari rutinitas harian bermanfaat menyegarkan dan mengisi ulang sel-sel otak sehingga bisa meningkatkan konsentrasi.

Ketika fokus terjaga, ide-ide cemerlang yang bisa menunjang pekerjaan pun bermunculan. Itulah sebabnya banyak ide brilian lahir ketika kamu sedang tidak berkutat dengan pekerjaan.

 

  1. Mencegah Terserang Penyakit

Sebuah penelitian membuktikan bahwa stres dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh (imun). Imun yang buruk bisa membuat kamu mudah terinfeksi patogen penyebab penyakit, seperti virus, bakteri, jamur, dan parasit.

Liburan mendatangkan kebahagiaan tersendiri dan meredakan stres. Karenanya, manfaat berlibur bisa membantu menjaga sistem kekebalan dan mencegah kamu terserang penyakit.

 

  1. Hidup Lebih Lama

Sebuah riset yang dipublikasikan International Journal of Environmental Research and Public Health, mengungkapkan bahwa liburan jangka pendek bisa mengurangi ketegangan dan stres, serta berdampak positif bagi kesejahteraan fisik dan mental.

Ketika stres berkurang, kesehatan tubuh secara menyeluruh turut meningkat sehingga bisa meminimalkan risiko kamu mengidap berbagai gangguan kesehatan. Pada gilirannya, hal ini bermanfaat memperbesar peluang kamu hidup lebih lama.

 

  1. Meningkatkan Produktivitas

Kamu bisa merasa kelelahan ketika hanya fokus bekerja dan memiliki rutinitas sehari-hari yang sangat membosankan. Kondisi ini justru bisa menurunkan produktivitas.

Maka menjauh selama beberapa hari dari rutinitas dengan pergi berlibur bisa kembali menyegarkan kamu. Manfaat liburan dapat membuat kamu lebih siap dan semangat dalam bekerja.

 

  1. Menambah Wawasan dan Ilmu Pengetahuan

Dunia ini penuh dengan tempat-tempat menakjubkan untuk dijelajahi. Setiap tempat memiliki keindahan dan keunikannya sendiri, baik itu pemandangan alam yang luar biasa, situs bersejarah yang menarik, atau kota-kota modern yang semarak.

Menjelajahi tempat baru dapat membantu kamu dalam menambah wawasan tempat atau sejarah dan juga untuk lebih menghargai keindahan alam dan keragaman budaya di dunia.

 

  1. Meningkatkan Kualitas Hubungan Seksual

Meski terkesan sepele, manfaat liburan bagi kesehatan ternyata bisa meningkatkan kualitas hubungan seksual kamu dan pasangan. Soalnya, ketika tingkat stres berkurang, libido alias gairah seks kamu akan meningkat.

Sebaliknya, jarang liburan bisa membuat Kamu lebih rentan mengalami stres sehingga bisa menurunkan libido.

 

  1. Mempererat Ikatan dengan Orang-Orang yang Disayangi

Aktivitas dan pekerjaan yang padat bisa mengurangi waktu kamu bersama keluarga dan orang-orang yang disayangi. Tentu, kamu tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

Nah, manfaat berlibur dapat mempererat kembali ikatan Kamu dengan orang-orang terkasih. Karena itu, usahakan untuk selalu menyediakan waktu liburan bersama mereka, ya!

 

  1. Bantu Memperoleh Istirahat yang Lebih Baik

Pentingnya liburan untuk kesehatan dapat meningkatkan kualitas tidur sehingga bisa menambah waktu istirahat. Hal ini bermanfaat bagi kamu yang mengalami gangguan tidur.

Sebuah survei menyebutkan bahwa orang cenderung tidur satu jam lebih banyak ketika berlibur. Liburan dapat membantu mengeluarkan hormon-hormon relaksasi yang membuat kamu jauh lebih mudah tertidur.

Nah, itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh seseorang saat berlibur. Semoga bermanfaat. []

Advertisement
Advertisement