November 26, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Masa Cuti Selesai, Mau Kembali ke Hong Kong, Seorang PMI Asal Keniten Ponorogo Ketahuan Positif COVID-19

2 min read
FEATURE IMAGE Usai Cuti, Mau Kembali ke Hong Kong, Seorang PMI Asal Keniten Ponorogo Ketahuan Positif COVID-19 (Foto Istimewa)

FEATURE IMAGE Usai Cuti, Mau Kembali ke Hong Kong, Seorang PMI Asal Keniten Ponorogo Ketahuan Positif COVID-19 (Foto Istimewa)

PONOROGO – Seorang PMI Asal Kelurahan Keniten Ponorogo Ketahuan Positif COVID-19 Usai Lakukan Tes SWAB untuk Penuhi Persyaratan Terbang Kembali ke Hong Kong.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, saat memaparkan data perkembangan COVID-19 di Kabupaten Ponorogo pada Selasa (14/07/2020) kemarin.

“Menurut hasil tracing suaminya pergi ke Malang pada pertengahan Juni lalu dan sempat menginap di sana dua minggu. Suami dan anaknya rencananya juga akan diambil swab besok,” ujar Ipong lewat keterangan tertulisnya.

Diketahui, PMI Hong Kong asal Kelurahan Keniten yang dimaksud berusia 38 tahun. Pada akhir Maret 2020 kemarin dirinya melakukan cuti ke kampung halaman dan berencana akan kembali lagi bekerja ke majikannya di Hong Kong pada pertengahan bulan ini.

Sebaiknya Jangan Cuti, Sampai Waktu yang Belum Bisa Ditentukan, Rumit Untuk Bisa Kembali ke Hong Kong Karena Pandemi

Pada 2 Juli lalu, PMI ini menjalani rapid test dan hasilnya ternyata reaktif. Kemudian, pasien menjalani tes swab PCR dan hasilnya terkonfirmasi positif Covid-19.

Ipong menegaskan saat ini laboratorium pemeriksaan tes swab di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya dalam kondisi overload. Sehingga antrean pemerikdaan semakin panjang dan pengumunan hasil juga semakin lama.

“Ini disebabkan karena lonjakan kasus dalam jumlah banyak di berbagai daerah. Dengan melihat kondisi ini tentunya harus membuat kita semakin waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan,” terangnya.

Sebaiknya Jangan Cuti, Begini Maklumat Otoritas Hong Kong Terkait Perpanjangan Kontrak Kerja dan Masa Tinggal di Hong kong untuk PRT Asing

Oleh karena itu, Ipong juga mengimbau warga untuk semakin waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Hal itu antara lain sering cuci tangan pakai sabun, pakai masker ketika berada di tempat umum dan berinteraksi dengan orang, jaga jarak minimal satu meter saat berinteraksi dengan orang.

“Tingkatkan imunitas tubuh dengan olahraga dan gembira. Berdoa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT,” ujar dia. []

Advertisement
Advertisement