May 31, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Memang “Mak Nyes Seger”, Tapi Minum Es Saat Buka Puasa Beresiko Seperti Ini Lho

2 min read

JAKARTA – Salah satu menu yang banyak dikonsumsi saat berbuka puasa adalah minuman es. Meski terasa nikmat, ternyata minum es saat berbuka puasa memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Pada umumnya, dikutip dari bisnis.com, minum minuman dingin di saat berbuka puasa memang sangat menyegarkan. Namun, hal tersebut sebetulnya tidak sepenuhnya disarankan.

Pasalnya, di balik kesegaran yang dirasakan, ada bahaya yang mengintai di baliknya. Lebih-lebih jika konsumsi air dingin dilakukan berlebihan.

Melansir yoursay.id dari Mayo Clinic dan Jurnal Ilmu Biologi, berikut beberapa dampak buruk minum es saat berbuka puasa yang perlu diwaspadai:

 

  1. Gangguan tidur

Minum es saat berbuka puasa dapat memicu reaksi pendinginan dalam tubuh yang bisa memengaruhi kualitas tidur. Kondisi ini bisa membuat seseorang kesulitan tidur atau bahkan mengalami insomnia.

 

  1. Gangguan pencernaan

Minum es saat berbuka puasa dapat mengganggu keseimbangan suhu dalam perut, yang dapat memperlambat proses pencernaan makanan. Hal ini bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti perut sebah, kembung dan mulas.

 

  1. Meningkatkan risiko penyakit

Terlalu sering minum minuman dingin setelah berbuka puasa bisa meningkatkan risiko terkena beberapa penyakit seperti diabetes, obesitas dan penyakit jantung.

 

  1. Dehidrasi

Meskipun minuman dingin terasa menyegarkan, minum es saat berbuka puasa tidak membantu tubuh memperoleh cairan yang cukup setelah berpuasa seharian. Es hanya memberikan efek pendinginan sementara, yang sebenarnya dapat membuat tubuh lebih cepat dehidrasi.

 

  1. Sakit tenggorokan

Minum es terlalu cepat setelah berbuka puasa dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Hal ini karena suhu es yang sangat dingin dapat menyebabkan perubahan suhu di tenggorokan yang dapat menyebabkan infeksi.

 

  1. Kenaikan berat badan

Terlalu sering minum minuman dingin yang mengandung gula setelah berbuka puasa bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Hal ini karena minuman dingin mengandung kalori yang tinggi dan mudah diserap oleh tubuh.

Nah, itulah beberapa dampak buruk yang bakal dialami jika selalu minum es saat berbuka puasa. Semoga bermanfaat. []

Advertisement
Advertisement