June 19, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Membahagiakan Orang Tua

2 min read

JAKARTA – Orang tua mempunyai jasa yang amat besar dalam kehidupan anak-anaknya. Manusia berkebangsaan atau beragama  apapun dapat dipastikan memiliki orang tua. Dua sosok yang disebut Ayah dan Ibu, atau Papa-Mama atau sebutan lainnya yang berjasa melahirkan anak di dunia.

Sosok ibu, telah mengandung dengan susah payah yang bertambah-tambah. Lalu melahirkan berjuang bertaruh nyawa demi buah hati. Ada sosok Ayah yang menggenapkan segala ikhtiar demi menanggung hidup dan membentengi keluarga dan anak-anaknya.

Setiap orang tua mempunyai perasaan cinta yang dalam, khawatir, dan asa untuk anaknya menjadi tuah di masa depan. Untuk itu berjejal harapan dan doa agar anak-anaknya menjadi orang baik dan bermanfaat.

Allah SWT berfirman dalam Surat Al-Isra (17) ayat 23 untuk berbuat baik kepada kedua orang tua. Bahkan Allah SWT melarang untuk sekadar mengatakan “Ah” yang bisa menggores luka di hati keduanya.

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.”

Ayat tersebut di atas merangkaikan perbuatan ibadah menyembah kepada-Nya dengan kewajiban berbuat baik kepada kedua orang tua, wa bil walidaini ihsanaan.

Untuk berbuat baik atau berbakti kepada orang tua, Prof. Quraish Shihab membolehkan untuk melakukan apapun bentuknya yang dapat menyenangkan perasaan kedua orang tua, meskipun orang tua kita adalah non muslim.

Lantas bagaimana cara menghormati dan berbakti kepada kedua orang tua?

Pertama, bagi Anda yang sedang menempuh studi, wisuda akan menjadi momen yang membuat orang tua Anda terharu dan bahagia. Olehnya tuntutlah ilmu dan belajarlah baik-baik. Ingat, ada orang tua yang harus dibahagiakan.

Kedua, orang tua akan merasa bahagia jika anaknya bisa hidup mandiri. Maksudnya tidak lagi menjadi beban, tetapi akan lebih baik saat sudah mampu meringankan beban ekonomi keluarga.

Ketiga, orang tua akan merasa bahagia saat menyaksikan anaknya mengikat janji suci dalam tali pernikahan. Olehnya, kita mesti mencari pasangan hidup yang mampu menghormati dan menghargai dan menyempurnakan bakti kepada kedua orang tua.

Selain itu beberapa cara untuk berbakti kepada kedua orang tua adalah sebagai berikut:

 

  1. Bertutur kata yang baik
  2. Rutin memberi kabar
  3. Melakukan perbuatan baik untuk orang tua
  4. Mendoakan orang tua
  5. Merawat orang tua di usia senja
  6. Mendahulukan orang tua

 

Berbakti kepada kedua orang tua memang tak boleh lekang oleh ruang dan waktu. Saat mereka masih hidup kita harus berbuat baik kepada kepada mereka. Jikapun telah tiada, maka untaian doa adalah bentuk bakti kita. []

Advertisement
Advertisement