May 31, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Mengenal PMS, Perempuan Mudah “Meraung” Saat Haid

2 min read

JAKARTA – Setiap wanita usia produktif yang sehat pasti akan mengalami menstruasi atau haid setiap bulannya. Dan biasanya saat menstruasi, seorang wanita akan mendapati dirinya merasa mudah meraung raung atau marah, lemah secara emosional, dan suasana hati yang berubah-ubah.

Sebenarnya, apa yang menyebabkan seorang wanita cenderung menjadi lebih sensitif saat menstruasi?

Mengutip Kompas.com, kondisi wanita mudah marah, suasana hati yang berubah-ubah merupakan salah satu gejala dari sindrom pramenstruasi.

Sindrom pramenstruasi (PMS) merupakan kumpulan gejala fisik dan emosional yang dimulai sekitar satu minggu sebelum menstruasi. Gejala ini menyebabkan seseorang merasa lebih murung dari biasanya, perut kembung, dan pegal.

Para ahli meyakini, penyebab wanita mengalami PMS hingga membuat mudah marah saat haid, kemungkinan terkait fluktuasi hormon yang terjadi selama paruh kedua siklus menstruasinya.

Ovulasi akan terjadi sekitar pertengahan dari siklus menstruasi, saat kondisi ini tubuh melepas sel telur, menyebabkan kadar estrogen dan progesterone turun.

Selanjutnya perubahan hormon ini menyebabkan gejala fisik dan emosional. Selain itu perubahan hormon tersebut juga berpengaruh ke kadar serotonin.

Serotonin merupakan neurotransmitter yang membantu mengatur suasana hati, siklus tidur dan nafsu makan.

Saat serotonin rendah maka akan mempengaruhi perasaan sedih, mudah tersinggung, sulit tidur dan mengidam makanan yang tidak biasa. Namun yang paling umum terjadi adalah perubahan suasana hati.

Akan tetapi, bukan berarti hal tersebut tidak mampu dikendalikan. Dikutip dari, Halodoc.com, kamu bisa mencoba beberapa cara berikut agar mood tetap terjaga, meski sedang menstruasi.

 

– Rutin berolahraga, terlebih ketika sedang berada pada fase pramenstruasi.

– Perbanyak asupan cairan tubuh.

– Hindari merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol.

– Hindari mengonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, cokelat, minuman bersoda, dan teh.

– Sediakan camilan sehat di antara jadwal makan utama.

– Mengonsumsi susu rendah lemak guna mencukupi kebutuhan vitamin D dan kalsium.

 

Tidak hanya itu, sebelum maupun ketika menstruasi, hindari segala hal yang bisa memicu suasana hati menjadi buruk, terlebih stres, atau kecemasan yang berlebihan. Isi waktu luang dengan melakukan aktivitas yang kamu sukai agar suasana hati tetap stabil.

Namun, apabila gejala menstruasi yang kamu rasakan sudah sangat mengganggu, bahkan sampai membuat kamu tidak bisa beraktivitas, jangan menunda untuk melakukan pengobatan. Kamu bisa bertanya pada dokter atau berobat langsung ke rumah sakit.  []

Advertisement
Advertisement