May 31, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Menghapus Dosa Zina

4 min read

JAKARTA – Di zaman yang sudah serba canggih sekarang ini, budaya asing sudah masuk dan mempengaruhi sebagian besar orang. Salah satunya yaitu pergaulan bebas di kalangan remaja. Hubungan antara laki-laki dan perempuan menjadi sangat wajar berbaur.

Dalam agama islam, hubungan antara laki-laki dan perempuan sangat dilarang, karena hal ini bisa menjerumuskan kepada perbuatan zina. Faktanya, sudah banyak kejadian hamil di luar nikah akibat dari perbuatan zina, sebaiknya menghindari perbuatan zina ini.

Adapun hukuman dari perbuatan zina ini tidak boleh diremehkan. Lemparan batu, hukuman cambuk, serta diasingkan selama satu tahun menjadi hukuman bagi yang melakukan zina ghouro mukhson.

Sebagaimana yang disebutkan dalam firman Allah SWT: “Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus dali dera, dan janganlah belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama Allah, jika kamu beriman kepada Allah, dan hari akhirat, dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan orang-orang yang beriman.” (QS An Nur ayat 2)

“Dan (terhadap) para wanita yang mengerjakan perbuatan keji, hendaklah ada empat orang saksi diantara kamu (yang menyaksikannya). Kemudian apabila mereka telah memberi persaksian, maka kurunglah mereka (wanita-wanita itu) dalam rumah sampai mereka menemui ajalnya, atau sampai Allah memberi jalan lain kepadanya.” (QS An Nisa ayat 15)

Untuk itu amalan penghapus dosa zina berikut bisa kamu ketahui, apa saja. Dan semoga amalan berikut bisa menghapus dosa.

 

Menyesali Perbuatannya

Semua hal-hal negatif yang kita lakukan, pastinya ada rasa sesal yang dirasakan oleh seseorang yang berbuat zina. Tidak akan terhapus dosa seseorang jika tidak mengawalinya dengan penyesalan, rasa sesal yang dirasakan seseorang akan membawanya ke jalan yang benar.

 

 

Menyesali perbuatan dengan membersihkan hati dan memantapkan niat untuk kembali menjadi lebih baik. Rasa sesal itu dijadikan awal untuk bertaubat kepada Allah SWT. Hal ini juga termasuk larangan melihat video zina.

 

Taubat Nasuha

Jika ingin menghapus dosa, terutama karena zina maka seseorang haruslah bertaubat dengan sungguh-sungguh. Taubat Nasuha adalah taubatan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh karena Allah dan seseorang itu menyesali atas perbuatannya. Inilah makna Allah melarang pergaulan bebas dan perbuatan zina.

Allah memberikan janji bahwa Ia akan mengampuni dosa-dosa hambanya yang melakukan kesalahan, sebagaimana dalam firman Allah SWT pada surat At Tahrim ayat 8 yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang mukmin yang bersama dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS At tahrim ayat 8)

 

Shalat Taubat

Shalat adalah salah satu amalan yang wajib dilakukan setiap umat muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Seseorang yang ingin bertaubat atas kesalahan atau dosa yang ia perbuat dapat meminta ampunan lewat shalat taubat. Shalat taubat adalah shalat sunnah yang dikerjakan sebanyak dua hingga enam rakaat pada malam hari selepas shalat isya.

Dengan mengerjakan shalat taubat dan tidak meninggalkan shalat wajib, Insya Allah dosa yang dilakukan akan diampuni oleh Allah SWT sebagaimana yang disebutkan dalam Qur’an: “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.” (QS Al Baqarah 222)

 

Perbanyak Zikir dan Istighfar

Memperbanyak dzikir dan istigfar kepada Allah, menjadi satu amalan dalam menghapuskan dosa-dosa kita yang lalu. Kalimat istighfar adalah kalimat permohonan untuk mengharap ampun dari Allah SWT dan dosa-dosa dapat dihilangkan degan terus menyebut nama Allah.

Sebagaimana disebutkan dalam firman Allah SWT surat Al imran ayat 135: “Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.” (QS Al imran ayat 135)

 

Melakukan Kebaikan pada Sesama

Jika seseorang berbuat dosa, maka untuk menghapusnya dengan melakukan kebaikan terhadap sesama. Contohnya seperti bersedekah, memberi makan binatang, dan sebagainya. Seperti pada kisah wanita pelacur yang masuk surga karena memberi minum anjing yang kehausan.

 

Berpuasa

Berpuasa adalah salah satu cara melatih hawa nafsu dan juga kesabaran. Puasa juga dapat menghapuskan dosa apabila dilakukan dengan sungguh-sungguh terutama jika melakukan puasa sunnah seperti puasa arafah dan asy syura. Kenali balasan zina dalam Islam.

 

Memperbanyak Membaca Alqur’an

Alqur’an dapat menjernihkan hati dan membacanya tidak hanya mendatangkan ketenangan akan tetapi juga menghapuskan dosa seseorang. Kenali cara wanita bertaubat zina.

Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits berikut ini: “Bacalah Al Qur`an, karena sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat untuk memberikan syafa`at kepada pembacanya.” (HR. Muslim).

 

Dzikir Penghapus Dosa Zina

Apabila ingin bersungguh-sungguh dalam bertaubat dari dosa zina, maka sebaiknya kamu mengamalkan kumpulan dzikir penghapus dosa zina berikut ini:

Dzikir penghapus doza zina yang pertama dikutip dari Surat Al-A’raf ayat 23. Doa ini merupakan doa yang dipanjatkan Nabi Adam dan Siti Hawa.

 

Bacaan Zikir Subhanallah yang Diajarkan Rasullah Pada Istrinya

Rabbanaa zhalamnaa anfusanaa. Wa illam taghfir lanaa wa tarhamnaa, lanakuunanna minal khaasiriina

Artinya:

“Wahai Tuhan kami, kami telah menganiaya diri sendiri. Jika Kau tidak mengampuni dan menyayangi kami, niscaya kami termasuk hamba-Mu yang merugi.“

 

Dzikir Penghapus Dosa Zina 2

Dzikir penghapus dosa zina yang kedua dikutip dari Surat Al-Anbiya ayat 87 berikut ini;

Laa ilaaha illaa anta. Subhaanaka innii kuntu minaz zhaalimiina

Artinya:

“Tiada tuhan selain Allah. Maha Suci Allah sesungguhnya aku tergolong orang-orang yang zalim.”

 

Dzikir Penghapus Dosa Zina 3

Dzikir penghapus dosa zina selanjutnya ini hendaknya dibaca sebanyak 100 kali dengan hati yang tulus:

Astaghfirullahal ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaihi

Urutan Doa Al Ma’tsurat, Kumpulan Dzikir Pagi dan Petang Agar Mendapat Rahmat

Artinya:

“Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.”

 

Dzikir Penghapus Dosa Zina 4

Dzikir penghapus dosa zina selanjutnya dilakukan dengan memperbanyak bacaan tasbih:

Subhanallah wa bihamdihi

Artinya:

“Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya.”

Demikian pembahasan amalan penghapus dosa zina yang sudah dibahas. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi untuk selalu bertaubat kepada-Nya. []

Sumber Islamic Base

Advertisement
Advertisement