January 20, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Menguap (Angop) Kelebaran, Rahang Pria ini Bergeser hingga Tidak Bisa Mingkem

2 min read
Prime Banner

ApakabarOnline.com – Sebagaimana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, mengajarkan pada umatnya, menguap atau angop itu ada adabnya.

“ Jika salah seorang di antara kalian menguap, hendaklah menutup mulut dengan telapak tangannya, karena sesungguhnya setan akan memasukinya.” (HR. Muslim).

Sedangkan dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, “ Sesungguhnya Allah mencintai bersin dan membenci menguap. Jika salah seorang dari kalian bersin dan memuji Allah maka wajib atas setiap muslim yang mendengar (ucapan “ alhamdulillah” tersebut) untuk mengucapkan “ yarhamukallah.” Adapun menguap, hanyalah berasal dari setan. Jika salah seorang dari kalian menguap, hendaklah menahannya (mencegahnya) semaksimal mungkin karena sesungguhnya jika kalian menguap, setan pun tertawa.” (HR. Al-Bukhari).

Lantas, dalam kehidupan sehari-hari, bagaimana orang menerapkannya ?

Umumnya, menguap adalah hal wajar yang dilakukan manusia. Aktivitas alamiah itu dipicu oleh berbagai faktor pada kondisi tubuh.

Terdapat banyak teori tentang penyebab seseorang menguap. Ada yang menyebut karena tubuh kekurangan oksigen, ada pula yang mengatakan karena kebiasaan bernafas pendek.

Terlepas dari penyebabnya, baru-baru ini hal tak terduga terjadi pada seorang lelaki akibat menguap.

Dilansir dari akun Instagram @makassar___iinfo, Senin (30/11/2020), rahang lelaki berusia 45 itu bergeser atau dislokasi akibat menguap terlalu lebar.

Belum diketahui identitas lelaki tersebut beserta lokasi peristiwa. Namun foto-fotonya sedang mendapat penanganan medis beredar di media sosial.

Pada foto itu, seorang lelaki tampak duduk tanpa berbicara dengan kondisi mulut yang terus terbuka.

Menurut si perekam video, rahangnya mengalami pergeseran akibat menguap.

“Halo guys, ini ada pasien laki-laki usia 45 tahun masuk dengan keluhan tidak bisa menutup mulutnya, karena dia menguap terlalu lebar, jadi tidak bisa kembali,” kata si perekam.

“Jadi kita curigai pasien mengalami dislokasi dari sendi,” sambungnya.

Si perekam kemudian menunjukkan hasil foto rontgen

Setelah itu, para petugas medis langsung memberi penanganan terhadap pria itu.

Tonton videonya di bawah ini:

Advertisement
Advertisement