November 30, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Menikmati Suasana Mirip New Zealand di Desa Karangtengah Banyumas

1 min read

BANYUMAS – Ingin menikmati suasana padang rumputmenikmati suasana padang rumput hijau dan sapi-sapi perah Seperti di Selandia Baru?

Kini tidak perlu pergi ke sana, cukup datang ke Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas karena disana anda bisa menikmati panorama indah layaknya di Selandia Baru. Lokasinya sendiri di Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BBPTU-HPT) Area bukit Manggala. Dengan area wisata Curug Cipendok, jaraknya cukup dekat.

Selain disuguhi pemandangan seperti padang rumput Selandia Baru, para pengunjung juga bisa belajar beternak dan memerah sapi secara langsung. Sapi yang dikembang biakkan ada sapi perah dan pedet (anak sapi). Ada pula kambing atau domba yang juga setiap pagi dilepas di padang rumput.

BBPTU merupakan pusat pembibitan sapi perah yang bergerak di bidang pemuliaan, pemeliharaan, produksi dan pemasaran bibit sapi perah unggul juga pakan ternak.  Wewenangnya berada di bawah Direktorat Jenderal Peternakan.

Saat ApakabarOnline berkunjung ke kawasan ini,  rela datang lebih pagi pukul 07.00 WIB agar dapat mendapatkan momen sapi dan kambing keluar dari kandang.

 

LOKASI

Lokasi bisa di tempuh selama kurang lebih 45 menit perjalanan dari pusat kota Purwokerto. Cukup buka Google Maps, lalu ketikan saja Farm Manggala Cilongok, pasti sampai ke tujuan.

Tidak membutuhkan tiket apapun untuk masuk ke lokasi, namun demikian ada petugas jaga di depan area masuk untuk sekadar bayar parkir Rp 2.000 – 3.000 untuk motor. []

Advertisement
Advertisement