April 18, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Menjadi Rute Fremantle Yacht Race 2025, di Banyuwangi Bakal Didirikan Kantor Imigrasi

1 min read

SURABAYA – Banyuwangi direncanakan memiliki kantor imigrasi berbarengan dengan upaya diusulkannya Banyuwangi sebagai bagian dari rute Fremantle Yacht Race 2025.

Ajang tur kapal layar yang diselenggarakan 2 tahunan tersebut akan melibatkan puluhan kapal layar yang berlayar dari Fremantle, Australia Barat dan berlabuh di Pantai Marina Boom Banyuwangi.

“Insya Allah bupati dalam waktu dekat akan ke Australia untuk memberikan tanda tangan kerjasama. Yacht dari Australia itu akan ke sini, dan itu membutuhkan imigrasi,” terang Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banyuwangi M. Yanuar Bramuda dinukil dari viva.co.id.

Sehingga kemudian kepengurusan kedatangan, perpanjangan masa tinggal, cap stempel dan keluar yang biasanya mengurus ke Benoa, Kuta Selatan, Badung, Bali.

“Kalau teman-teman ke sini ada perpanjangan visa habis itu ke Jember. Padahal jumlah wisatawan asingnya kan banyak di Banyuwangi,” kata Bramuda.

Maka kemudian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi disebutnya mengupayakan peningkatan pelayanan agar wisatawan yang datang merasa nyaman dan mudah.

“Direncanakan pertengahan tahun 2024. Ibu bupati sudah memberikan arahan dan surat sudah kita luncurkan ke kementerian,” tuturnya.

Pemkab Banyuwangi disebutnya siap memfasilitasi pengadaan kantor dan infrastruktur agar terjadi percepatan realisasi rencana tersebut.

Terlebih bulan April 2024 Banyuwangi sudah mulai mengalami peak season sehingga persiapan yang perlu dilakukan terus diupayakan untuk diselesaikan.

“Kita optimis nanti dengan adanya kantor imigrasi akan ada kemudahan-kemudahan bagi wisatawan, apalagi Bandara Banyuwangi sekarang sudah menjadi bandara internasional,” harap Bramuda.  []

Sumber Viva News

Advertisement
Advertisement