September 26, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Meski Ditolak, China Tetap Kekeh Terapkan Tes Corona Lewat Anus

1 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

HONG KONG –  China telah mewajibkan tes covid anal bagi semua pelancong internasional yang datang ke negara itu. Beijing mengklaim prosedur tersebut jauh lebih akurat daripada tes hidung dan tenggorokan.

Dikutip dari The Sun, dokter di China telah menggunakan tes anal pada pasien yang dikarantina untuk memeriksa apakah mereka bebas dari virus corona.

Li Tongzeng, seorang petugas medis penyakit pernapasan, mengatakan kepada media pemerintah bahwa jejak Covid tetap dapat dideteksi lebih lama dalam sampel kotoran daripada di hidung atau tenggorokan.

Namun, prospek pengunjung asing yang melakukan tes anal telah memicu kontroversi. Bahkan menyeruhkan China untuk berhenti menggunakan tes ‘memalukan itu’ karena beberapa warga Jepang yang mengatakan hal itu mengganggu psikologi mereka.

Minggu lalu, China diduga memerintahkan diplomat Amerika untuk menjalani tes anal yang memicu perselisihan dengan Departemen Luar Negeri.

Tak Hanya Lewat Hidung dan Tenggorokan, Kini SWAB Test Corona Juga Dilakukan Lewat Anus

Namun, Beijing membantah klaim tersebut tetapi Washington mengecam tes tersebut sebagai ‘tidak bermartabat’.

Sebagai tanggapan, Lu Hongzhou, seorang dokter Tiongkok, mengatakan kepada media pemerintah bahwa pelancong dapat memberikan sampel kotoran di bandara.

Tes usap di bandara China adalah bagian dari ‘penyesuaian ilmiah’ Partai Komunis yang bertujuan untuk mengendalikan pandemi Covid-19.

Prosedurnya melibatkan memasukkan kapas sekitar tiga sampai lima sentimeter ke dalam anus dan memutarnya dengan lembut. []

Advertisement
Advertisement