August 3, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Mulai 20 Juli, Layanan Smart Visa Imigrasi Hong Kong Untuk PRT Asing Akan Diperluas

1 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

HONG KONG – Berawal dari menyesuaikan dengan situasi pandemi, layanan permohonan visa pekerja rumah tangga asing di Hong Kong sejak bulan Juni kemarin telah mengalami beberapa adaptasi.

Pemberlakuan layanan Smart Visa Online yang telah berjalan, akan diperluas cakupannya melalui pengajuan lewat email, pos, maupun box drop-in.

Hal tersebut disampaikan dalam siaran pers Departemen Immigrasi Hong Kong kemarin (15/07/2021).

Dengan demikian, mulai tanggal tersebut, seluruh permohonan visa yang masuk ke Imigrasi yang telah mendapat persetujuan, pembayaran biaya visa melalui sistem General Demand Note (GDM) yang akan dilampirkan pada setiap pemohon.

Pembayaran Sistem GDM dapat dilakukan melalui Faster Payment System, Internet banking, mobile banking, ATM, atau kantor pos.

Setelah proses pembayaran tervalidasi diterima Imigrasi, perpanjangan visa kerja akan dikirim ke alamat pemohon yang diberikan oleh majikan, dan selanjutnya visa tersebut harus segera ditempelkan pada halaman paspor.

Berkaitan dengan hal tersebut, imigrasi akan memberikan lampiran informasi yang mengiringi kedatangan visa.

PRT asing tidak lagi perlu datang secara fisik ke kantor imigrasi untuk mengajukan permohonan, membayar, maupun mengambil visa.” jelas sumber dari Imigrasi dalam siaran persnya.

Perluasan layanan Smart Visa Online dilakukan mengingat munculnya respon positif dari penggunanya.

Pengisian formulir online dilakukan melalui laman “Online Services for Foreign Domestic Helpers” dengan alamat URL www.immd.gov.hk/fdh

Bagi yang merasa belum jelas, jika memerlukan informasi lebih lanjut dapat menghubungi layanan hotline Imigrasi Hong Kong di nomor 2824 6111, atau fax ke nomor 2877 7711 atau mengirim email ke alamat enquiry@immd.gov.hk. []

 

Advertisement
Advertisement