May 29, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Musim Mudik Lebaran, Bandara Banyuwangi Kebanjiran PMI

2 min read

BANYUWANGI –  Jumlah penumpang pesawat rute internasional dari Kuala Lumpur ke Bandara Blimbingsari Banyuwangi, didominasi pekerja migran Indonesia (PMI) di Malaysia. Penerbangan internasional hari Minggu (02/06/2019), dari Kuala Lumpur ke Banyuwangi, merupakan puncak arus mudik.

“Dari jumlah penumpang 177 orang, didominasi TKI,” kata Manajer Operasional Teknik Angkasa Pura II Bandara Internasional Blimbingsari, Suparman, Senin (03/06/2019),dikutip dari Surabaya Inside.

Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan minggu sebelumnya yang hanya 106 orang.

Ia menjelaskan, penerbangan internasional rute Kuala Lumpur-Banyuwangi pada Minggu merupakan penerbangan terakhir pada arus mudik Lebaran 2019. Pasalnya, dalam satu minggu hanya satu rute penerbangan Banyuwangi-Kuala Lumpur dan Kuala Lumpur-Banyuwangi.

Jumlah penumpang rute internasional Kuala Lumpur-Banyuwangi Minggu sore 177 penumpang, merupakan jumlah penumpang terbanyak sejak Bandara Blimbingsari Banyuwangi ditetapkan bandara internasional pada Desember 2018.

“Peningkatan jumlah penumpang rute internasional Kuala Lumpur-Banyuwangi sudah terjadi sejak pekan lalu dengan jumlah penumpang 106 orang dan hari ini melonjak 177 penumpang dari Malaysia,” paparnya.

Sementara, lonjakan penumpang pada saat arus balik diperkirakan akan terjadi pada penerbangan pertama setelah Lebaran, yakni 9 Juni. Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang pada arus balik Lebaran, pihak Angkasa Pura II Bandara Blimbingsari Banyuwangi menambah petugas untuk melayani calon penumpang internasional.

Dia mengatakan bersiap bila sewaktu-waktu dibutuhkan extra flight atau penerbangan tambahan oleh maskapai. Namun, hingga kini belum ada permohonan extra flight.

Yusuf, 35 tahun, warga Kecamatan Wongsorejo, menunggu ayahnya yang menjadi pekerja bangunan di Malaysia. Dia mengaku setiap tahun menjemput ayahnya yang bekerja di luar negeri sejak dirinya lahir tahun 1984.

“Bedanya sekarang lebih dekat dan lebih hemat. Jemput ke sini biayanya Rp300-500 ribu, kalau jemput ke Surabaya bisa Rp1,5 juta,” katanya.

Selama arus mudik Lebaran 2019, jumlah penumpang dari Kuala Lumpur ke Banyuwangi sebanyak 283 penumpang. Mayoritas penumpang PMI di Malaysia, yang akan merayakan hari raya di kampung halamannya. []

Advertisement
Advertisement