February 3, 2023

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Nasehat Mbah Moen : Amalkan Dua Surat Berikut Ini Setiap Sebelum Subuh Agar Hidup Dijauhkan dari Kesusahan dan Fitnah Duniawi

2 min read
Suasana menjelang subuh (Foto istimewa)

Suasana menjelang subuh (Foto istimewa)

JAKARTA – Sejatinya, menjalankan sebuah amalan dalam islam yaitu untuk mendapatkan pahala dan sebagai bentuk ketakwaan seorang hamba kepada Allah SWT.

Salah satu amalan yang dapat dilakukan setelah bangun tidur di pagi hari, yaitu melaksanakan sholat sunnah sebelum sholat subuh.

Ulama kharismatik alm. KH Maimoen Zubair yang biasa dipanggil Mbah Moen menjelaskan tentang amalan yang bisa dilakukan sebelum sholat subuh.

Subuh adalah salah satu waktu terbaik untuk melakukan amalan baik bagi umat Muslim. Sebelum sholat subuh disunnahkan untuk melaksanakan sholat qobliyah.

Sholat qobliyah subuh merupakan sholat sunnah yang dilaksanakan sebelum sholat subuh. Sholat sunnah ini dikerjakan sebanyak dua rakaat.

Dikutip dari akun YouTube nderek Guru pada Rabu (30/11/2022), Mbah Moen menjelaskan mengenai amalan agar hidup tidak susah.

“Jadi di waktu subuh, amalkan sholat sunnah qobliyah subuh,” kata guru Gus Baha ini.

Dari penuturannya, Mbah Moen menjelaskan tentang adanya dua surah di dalam Alquran yang bisa dibaca ketika waktu subuh tiba.

“Bagi yang masih muda, pada rakaat pertama bacalah alam nasroh,“ ungkap ulama kharismatik ini.

“Rakaat kedua bacalah alam taro,” tambahnya.

Kedua surat yang dimaksud Mbah Moen itu adalah surat Al-Insyirah yang dibaca pada rakaat pertama dan membaca surah Al-fil pada rakaat kedua.

Menurut ulama ini, Nabi Muhammad SAW pun telah menjamin dua surah ini agar manusia terbebas dari permasalahan hidup di dunia.

“Karena kata kanjeng Nabi orang yang mau membaca kedua surat tersebut dalam sholat qobliyah subuh nya akan dijamin tidak akan susah”, ungkap Mbah Moen.

Selain itu, mengamalkan dua surah ini dalam sholat qobliyah subuh juga akan menghindarkan manusia dari fitnah dunia.

“Apabila kamu melaksanakan sholat dua rakaat sebelum sholat subuh dan dalam sholatnya membaca surah Al-Insyirah dan surah Al-Fil maka akan terhindar dari fitnah,” terang Mbah Moen.

Dalam dakwahnya ulama kharismatik ini juga menjelaskan bahwa orang islam banyak yang mendapat fitnah karena tidak mengamalkan surah Al-Insyirah dan surah Al-Fil.

Ataupun ada yang mengamalkan surah Al-Insyirah dan surah Al-Fil agar terhindar dari fitnah tetapi tidak karena Allah.

Sehingga pesan dari Mbah Moen kepada jamaahnya yaitu melakukan sesuatu hendaknya karena Allah atau niat karena Allah.[]

Advertisement
Advertisement